REKTOR Universitas Lampung (Unila) Prof. Hasriadi Mat Akin ajak mahasiswa aktif menguasai teknologi informasi demi mengembangkan daya saing bangsa. Hal itu menurutnya mampu dilakukan dengan mengikuti Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2016 yang dipelopori Kemenristek Dikti, 23-26 November lalu.

Hasriadi menjelaskan, sumberdaya alam Indonesia luar biasa besar. Hal itu dapat bermanfaat banyak bagi masyarakat apabila bidang IT (Information Technology) mampu dioptimalkan melalui penguasaan teknologi.

“Teknologi informasi harus dikuasai agar kita bisa sejajar dengan negara yang lain sudah maju di bidang tersebut,” ujarnya saat menutup rangkaian acara KRTI 2016 di GSG Unila, Sabtu (26/11).

Dalam kesempatan itu, mantan Wakil Rektor Bidang Akademik ini pun menyampaikan kekagumannya menyaksikan kreatifitas generasi muda dalam ajang bergengsi yang dihelat di Kotabaru, Lampung Selatan itu.

“Saya kagum generasi muda kita sangat kreatif dan inovatif. Mampu menghasilkan model-model pesawat yang diterbangkan tanpa awak kemudian diprogram di berbagai bidang. Mulai pemetaan hingga pemadam kebakaran,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pesawat tanpa awak (Unmanned Aerial Vehicle, UAV) atau Unmanned Aircraft System (UAS) adalah wahana terbang nir-awak yang dalam satu dasawarsa terakhir ini berkembang kian pesat di ranah riset unmanned system (sistem nir-awak) di dunia. Bukan hanya mereka yang berada di ranah departemen pertahanan atau badan-badan riset, termasuk di perguruan tinggi, yang meneliti, mengaji, dan mengembangkan, tapi dunia industri juga bidang sipil pun mulai banyak memanfaatkan teknologi unmanned system ini guna mendukung kegiatan keseharian mereka.

Universitas Lampung yang mendapat amanah sebagai tuan rumah penyelenggara KRTI 2016 tentunya patut berbangga karena telah sukses menyelenggarakan kompetisi bidang IT bergengsi yang menghasilkan karya-karya luar biasa dari anak bangsa. Dalam perlombaan ini, Universitas Gadjah Mada berhasil dinobatkan sebagai juara umum KRTI 2016.
Hasriadi berharap, generasi muda semakin terpacu menciptakan teknologi yang lebih canggih di masa mendatang.[inay-humas]

Bagikan konten ini :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •