(Unila): Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Kerja sama dan Layanan Internasional (UPT-PKLI) Universitas Lampung (Unila) helat Seminar Saintifik 2019, Jumat (24/5/2019). Kegiatan bertajuk “Research, Scientific Article Content, and International Publication” ini berlangsung di ruang sidang lantai 2 Rektorat setempat.

Seminar yang diikuti kalangan dosen dan mahasiswa program magister ini disampaikan dua narasumber dari Czech University of Life Sciences Prague (CULS). Mereka antara lain Ing. Anna Brunerova, Ph.D., dari Faculty of Engineering dan Ing. Hynek Roubik, Ph.D., dari Faculty of Tropical AgriSciences (FTA).

Saat membuka acara, Wakil Rektor Bidang PKTIK Prof. Mahatma Kufepaksi mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah positif untuk meningkatkan kualitas penulisan artikel di dalam suatu jurnal.

Ia berharap peserta dapat antusias dan mengeksplorasi pengalaman narasumber dalam mengorganisasikan artikel penelitian.

“Kegiatan ini adalah bentuk sharing dalam penulisan scientific writing. Saya harap baik peserta maupun narasumber mendapatkan benefit dari kegiatan ini,” pungkas Mahatma.

Dalam penyampaian materinya, Hynek Roubik memaparkan bahwa tata cara penulisan artikel yang sesuai literatur sangat mendukung kualitas sebuah artikel atau jurnal. Dalam pengorganisasian literatur jurnal paling tidak harus menggunakan format IMRAD (Introduction, Methods, Research, dan Discussion).

Ia menjelaskan, publikasi jurnal harus melalui proses deskripsi yang original dari hasil riset. Peneliti juga harus memudahkan author untuk menyinggung hasil publikasinya. Selain itu, jurnal dapat dijadikan sumber oleh pengguna lain sehingga hasil riset dapat menjadi bentuk pengabdian dari hasil pemikiran murni peneliti.

“Buatlah beberapa persiapan pengorganisasian yang baik sebelum melaksanakan sebuah riset. Sebab kita tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan penelitian itu,” ujar Hynek.[Riky_Humas]