Informasi SNMPTN di Media

Persaiangan SNMPTN Ketat, Siswa Dituntut Proaktif

(Unila): Persaingan calon mahasiswa dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Universitas Lampung (Unila) diproyeksi akan sangat ketat. Pasalnya jumlah pendaftar di Unila hingga penutupan waktu lalu mencapai lebih dari 28 ribu orang.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P., yang juga Ketua Panitia Lokal (Panlok) SNMPTN Unila mengingatkan agar para siswa tidak terlalu berharap banyak pada SNMPTN untuk masuk di Unila. Sebab tahun ini kuota yang disediakan untuk jalur SNMPTN hanya sebanyak 2.610 sementara jumlah pendaftar mencapai puluhan ribu.

“Siswa masih bisa memanfaatkan beberapa jalur lainnya seperti SBMPTN, jalur Mandiri, dan jalur khusus bagi siswa miskin yakni PMPAP (Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan),” kata dia.

Jalur PMPAP, sambungnya, hanya dibuka di Unila untuk membantu siswa yang berasal dari keluarga prasejahtera dan ingin melanjutkan pendidikannya. Siswa diberikan bebas biaya pendidikan.

Ia pun menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan pengecekan ulang antara keaslian nilai yang dimasukkan dalam PDSS (Pangkalan Data Siswa dan Sekolah) dengan nilai yang dimasukkan dalam pendaftaran SNMPTN. Tahap selanjutnya adalah menunggu nilai Ujian Nasional (UN) siswa.

Sementara itu, Humas Panlok SNMPTN Unila Muhammad Komarudin, S.T.,M.T., menambahkan,  siswa harus benar-benar proaktif jika ingin lulus SNMPTN. Sebab ada perbedaan antara SNMPTN tahun ini dengan tahun lalu yakni terletak pada saat mengunduh kartu peserta SNMPTN.

Siswa belum bisa mengunduh kartu SNMPTN jika belum memasukkan memasukkan Nomor Ujian Nasional (NUN) yang telah dibagikan sekolahnya masing-masing.

Oleh karena itu siswa memang dituntut proaktif. Setelah dibagikan NUN, mereka wajib kembali membuka website pendaftaran SNMPTN. Kemudian mereka bisa mengunduh kartu peserta setelah memasukkan NUN terlebih dahulu.[]