(Unila): Kapolsek Kedaton Kompol M. Daud, S.H., berkunjung ke Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si., Selasa (14/01/2020). Dalam pertemuan itu Kapolsek Kedaton menyampaikan banyak informasi tentang keamanan dan pengamanan kampus Unila.

Menurut Kapolsek Kedaton, yang meraih gelar sarjana hukum dari Unila, dari pengembangan kasus diketahui akses yang mudah menjadi salah satu sebab pencurian dilakukan oleh pelaku. Faktor lain kurang ketatnya pengawasan dilakukan terhadap pengunjung.

Lebih dari itu, ternyata kepedulian warga kampus mengenai tindak pengamanan perlu dipertinggi. Satpam memang bertugas menjaga keamanan, tapi pada akhirnya seluruh warga kampus bertanggung jawab mendukung pengamanan sesuai dengan kapasitasnya sendiri-sendiri.

Rektor Unila mengucapkan terima kasih atas masukan yang diberikan. Prof. Karomani sepakat pengamanan kampus tidak bisa bergantung pada satpam saja. Dosen, tendik, mahasiswa, petugas kebersihan pun dapat berkontribusi untuk mengamankan kampus.

Saat ini kepolisian sudah menugaskan sejumlah babinsa dan reserse di Unila. Dalam waktu dekat pos subpolsek akan didirikan di sekitar gerbang belakang kampus.

Mengenai satpam, Rektor Unila langsung meminta Wakil Rektor 2 Dr. dr. Asep Sukohar agar membenahi jajaran satpam. Berdasarkan keterangan Kapolsek Kedaton banyak satpam Unila tidak punya KTP atau kartu anggotanya kedaluwarsa. Untuk meningkatkan kemampuan, mereka akan diberi perlatihan rutin tiap Sabtu oleh kepolisian.

Seusai berpamitan, Kompol M. Daud, S.H. langsung memeriksa semua akses ke kampus Unila, utamanya yang lazim disebut jalan tikus. Jika harus, jalan seperti itu dapat ditutup.*

[sumber : Kahfi Nazarudin, Jubir Rektor Unila ]