(Unila): Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P., membuka Simposium Guru Kreatif. Kegiatan hasil kerja sama Puslitbang Sosial, Budaya, dan Pendidikan LPPM Unila ini digelar di Gedung Serbaguna kampus setempat, Kamis (11/4/2019).

Simposium bertajuk “Bersama Guru Kreatif Membangun PAUD Berkualitas” ini bertujuan membangun dan meningkatkan kualitas pendidik anak usia dini dengan mengembangkan kompetensi semua guru profesional, khususnya guru PAUD di Provinsi Lampung.

Kegiatan diikuti 1.793 orang dengan jumlah peserta terbanyak dari Kabupaten Tanggamus,  Lampung Tengah, dan Lampung Selatan.

“Guru yang kreatif akan menghasilkan anak didik kreatif”

Panitia mengadirkan tiga narasumber di bidang PAUD antara lain Dr. Betti Nuraini, M.M.; Ir. Nila Kusumaningtyas, M.Pd.; dan Hj. Anna Anggraini, M.Pd. Selain simposium, panitia menggelar pelantikan pengurus wilayah HIMPAUDI Provinsi Lampung periode 2019-2023.

Hasriadi pada sambutannya menyampaikan, pendidikan usia dini merupakan pondasi awal pembangun jiwa, mental, karakter, dan intelektual anak. Dalam hal ini guru juga dituntut untuk mampu mengenali potensi anak didik yang beragam.

Guru PAUD juga harus ekstra sabar, mampu berpikir kreatif, dan inovatif. Hal ini penting dilakukan dalam strategi pembelajaran guru. Guru harus mampu memberi rangsangan berpikir sehingga anak dapat mengembangkan pikiran dan imajinasinya. “Guru yang kreatif akan menghasilkan anak didik kreatif,” ujarnya.

Harus dipahami bersama, pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada pertumbuhan dan perkembangan. Di usia emasnya, anak usia dini idealnya mendapatkan hak pendidikan secara penuh yang dijaminkan pula dengan undang-undang.[Penda/Inay_Humas]