(Unila): Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universtias Lampung (Unila) Prof. Dr. Yulianto, M.S., membuka Orasi Ilmiah dalam rangka Dies Natalis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan(FKIP) Unila, Senin (20/2/2020).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Prof. Yulianto didampingi Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S., dekan FKIP beserta jajaran, dan perwakilan dinas pendidikan dan kebudayaan.

Pada kesempatan itu Prof. Dr. Yulianto, M.S., menerima potongan tumpeng pertama dari Dekan FKIP Unila Prof. Dr. Patuan Raja, M.Pd.

Pembacaan orasi ilmiah dilakukan dua dosen. Pertama Dr. Muhammad Mona Adha, M.Pd., tentang Keterlibatan Warga Negara Muda (Civic Engagement) di Dalam Kemasyarakatan dan Kebudayaan. Kedua dari Dr. Fransiskus Nurseto Subekti, M.Psi., tentang Pemanduan Bakat Olah raga (Talent Scouting) di Provinsi Lampung.

Pada kesempatan itu Prof. Patuan Raja, M.Pd., juga menyampaikan beberapa hal terkait perubahan tagline di FKIP yaitu dari ‘Educatif-Inovatif yang Religius’ menjadi ‘Unggul dan Adaptif’.

Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univesitas Lampung Prof. Dr. Yulianto, M.S., menguraikan, guru merupakan profesi yang sangat berjasa pada pendidikan di Indonesia, terutama di Provinsi Lampung.

Menjadi seorang guru merupakan profesi mulia. Di tengah kemajuan teknologi, seorang guru tidak dapat tergantikan. Guru harus tetap ada sebagai teladan bagi anak didiknya.

FKIP Unila yang ini berusia 52 tahun telah ikut berkontribusi mencetak guru-guru berkualitas untuk kemajuan bangsa. Melalui acara dies natalis tentu akan ada harapan dan evaluasi bagi FKIP Unila.

Selain pembacaan orasi, Dies Natalis FKIP Universitas Lampung juga dimeriahkan dengan pemilihan dosen berprestasi. Dirinya berharap, acara seperti ini bisa menjadi motivasi bagi para dosen untuk terus berprestasi dan berkarya terutama dalam publikasi ilmiah di jurnal internasional.

Melalui publikasi ilmiah, kata dia, seorang dosen bisa menjadi guru besar. “Semoga akan ada lebih banyak dosen yang menjadi guru besar dari FKIP Universitas Lampung.[Penda]

Bagikan konten ini :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •