(Unila): Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P., melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Sekretariat Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Lampung di Jalan Sisingamangaraja, Gedong Air, Bandarlampung, Sabtu (26/01/2019).

Rektor saat itu didampingi perwakilan kejaksaan tinggi Provinsi Lampung, sekretaris daerah Provinsi Lampung, kejaksaan tinggi Provinsi Lampung, wakil rektor bidang umum dan keuangan, para dekan, para ketua IKA fakultas, serta pengurus IKA di lingkungan Universitas Lampung.

Rencananya pembangunan Gedung Sekretariat IKA Unila ini dibangun lima lantai dan ditargetkan selesai dalam waktu setahun. Pada peletakan batu pertama itu, sebelumnya akan dihadiri oleh ikatan keluarga alumni (IKA) Universitas Lampung H.M. Prasetyo, namun berhalangan hadir.

Prof. Hasriadi menyampaikan, alumni adalah cerminan sebuah perguruan tinggi. Majunya perguruan tinggi dapat dilihat dari kiprah para alumni yang sudah terjun ke tengah masyarakat. “Alumni Universitas Lampung saat ini sudah mencapai 103.151 orang,” ujarnya.

Pada era revolusi industri 4.0 ini, kata dia, peranan ijazah itu mulai berkurang dan bergeser pada kompetensi seseorang untuk melihat kualitas dan kemampuannya. Artinya, peranan sertifikat sangat dibutuhkan, sertifikat kemampuan pada bidangnya masing-masing.

Guru Besar Fakultas Pertanian ini menambahkan, gedung alumni ini merupakan sarana yang sangat dibutuhkan. Selain sebagai wadah yang menghimpun para alumni, sekretariat dapat dimanfaatkan untuk saling berbagi antarmahasiswa yang akan menjadi alumni.

Di berbagai kesempatan Hasriadi sering mengimbau para mahasiswa agar tidak lagi menjadi PNS oriented. “Peluangnya sangat kecil sehingga tidak layak untuk dicita-citakan. Sekarang di era industri 4.0 ini literasi digital, literasi teknologi, dan literasi humanity itu jadi bekal untuk bersaing di dunia kerja,” pungkasnya.[Penda/Inay_Humas]