(Unila): Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa Universitas Lampung (PDSS Unila) akan dimulai besok, Kamis (22/1) hingga 12 Maret mendatang. Demikian disampaikan Ketua Panitia Lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Lampung Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P., Selasa (19/1).

Seperti tahun sebelumnya, kata dia, siswa SMA/sederajat mendekati pelaksanaan Ujian Nasional (UN) akan melakukan pendaftaran untuk masuk ke sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur undangan atau SNMPTN, salah satunya Unila.

Mekanisme pelaksanaan SNMPTN tahun ini sudah dibahas dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) anggota panitia SNMPTN yang diselenggarakan di Bali, 18 dan 19 Januari lalu.

Dalam KTT itu juga dibicarakan jadwal pelaksanaan SNMPTN yang terdiri dari pengisian PDSS pada 22 Januari hingga 12 Maret, lalu pendaftaran mulai 13 Februari hingga 27 Maret, kemudian proses seleksi pada 13 April hingga 17 Mei, serta pengumuman pada 9 Mei mendatang.

Hasriadi yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor I Unila menjelaskan, seluruh sekolah yang ingin ikut serta dalam pelaksanaan SNMPTN diwajibkan mengisi pendaftaran PDSS di website resmi panitia SNMPTN 2015 yaitu http://www.SNMPTN.ac.id. atau mengunjungi panitia lokal SNMPTN Unila di gedung Rektorat Unila.

“Dalam mengisi PDSS, sekolah harus jujur. Jangan sampai melakukan mark up nilai karena panitia SNMPTN pasti akan teliti dalam melakukan verifikasi. Kejujuran harus menjadi prioritas dalam pengisian PDSS,” ungkapnya.

Khusus untuk pelaksanaan SNMPTN Unila, sambungnya, akan beracuan pada Indeks Prestasi (IP) siswa. SNMPTN tahun ini akan menerima kuota maksimal sebanyak 50 persen dari penerimaan mahasiswa baru Unila. Jumlah kursi sendiri masih dibahas di tingkat pusat. Tapi dipastikan jumlah itu tidak jauh berbeda dari total 1.928 peserta yang dinyatakan lolos SNMPTN Unila 2014.[] Inay

Bagikan konten ini :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •