Organisasi Bentuk Karakter Mahasiswa

UNIT Kegiatan Mahasiswa Bidang Seni (UKMBS) Universitas Lampung melantik ketua dan pengurus baru periode 2015-2016. Mereka dilantik langsung Rektor Unila Prof. Hasriadi Mat Akin Jumat (8/1) siang di ruang sidang lantai II gedung PKM/Graha Kemahasiswaan Unila.

Pelantikan ini berdasar pada hasil musyawarah besar (mubes) pada akhir Desember 2015 lalu yang menetapkan Ayu Kartika Sari, mahasiswi Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP Unila sebagai Ketua Umum yang baru menggantikan Edythia Rio Wiriawan yang telah habis masa jabatannya.

Prof. Hasriadi Mat Akin memberikan apresiasi dan rasa bangganya kepada para mahasiswa Unila yang mampu mengikuti perkuliahan dengan baik sekaligus aktif berorganisasi hingga merengkuh jabatan tertinggi.

“Mengikuti pelantikan pengurus UKMBS ini saya merasa bangga kepada kalian yang tidak hanya sibuk kuliah tetapi juga bisa menyibukkan diri dengan berorganisasi. Hal ini mengingatkan saya pada diri sendiri yang dari dulu juga gemar juga aktif berorganisasi,” ujar Hasriadi.

Pada momen itu Hasriadi mengaku telah banyak mengikuti organisasi ketika masih duduk di bangku sekolah, perkuliahan, bahkan hingga sekarang. Organisasi setingkat karang taruna atau pun himpunan remaja masjid di lingkungan tempat tinggalnya juga ia geluti.

Karena berbagai pengalamannya itulah Hasriadi dapat menyampaikan jika berorganisasi itu baik buat membangun karakter mahasiswa. Berorganisasi dapat menumbuhkan soft skill sekaligus mendewasakan pribadi mahasiswa. Karena itu ia berharap segenap mahasiswa Unila dapat memanfaatkan waktu di kampus untuk berorganisasi.

“Memang tujuan awal kalian kuliah adalah belajar. Tetapi, itu saja tidak cukup. Mahasiswa siswa yang kuliah-pulang, kuliah pulang, masa depannya tidak akan lebih baik dari yang kuliah sekaligus aktif berorganisasi. Bahkan mereka yang aktivis ini justru berpeluang memiliki karir lebih cemerlang,” kata dia.

Oleh karena itu, mengingat pentingnya berorganisasi, kepada para mahasiswa yang aktif ia juga berpesan agar mereka memanfaatkan sebanyak mungkin waktu dengan pengalamannya. “Berorganisasi lah dengan serius, bukan sekadarnya, apalagi main-main,” pesannya.[inay]