(Unila): Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung (Unila) bantu aparat desa di Kecamatan Wayserdang, Mesuji, optimalkan pengelolaan website. Optimasi dilakukan melalui pelatihan dasar jurnalistik dan pengelolaan website desa setempat yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Wayserdang, Selasa (14/1/2020).

Pelatihan dihadiri Jurnalis Tribun Lampung Kiki Novilia, S.I.Kom., selaku pemateri pelatihan dasar-dasar penulisan berita dan website developer Riski Firmanto, S.I.Kom., selaku pemateri pengelolaan website desa.

Pelatihan melibatkan seluruh perwakilan desa se-Kecamatan Wayserdang, Mesuji, Lampung, dan para mahasiswa KKN pendamping masing-masing desa.

Riski menyampaikan, website desa mampu menjadi alat yang tepat menyampaikan informasi secara luas. Selain itu banyak manfaat lain yang didapat jika website desa dikelola secara optimal. Hal itu lah yang melatarbelakangi ia dan tim memprioritaskan program kegiatan di desa setempat.

Website bisa jadi sumber informasi, sebagai portal berita, sarana publikasi dan promosi potensi desa, peningkatan pelayanan administrasi, sistem pengaduan masyarakat, serta sarana penyuluhan masyarakat,” papar Riski yang juga menjabat Ketua Bidang DPC PWRI (Persatuan Wartawan Republik Indonesia) Bandarlampung ini.

Oleh karena itu ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang pengelolaan website harus dipahami serta ditingkatkan bagi seluruh aparat desa. Seperti yang diharapkan Silvando Rananda selaku Koordinator Kecamatan Mahasiswa KKN Wayserdang di sela-sela kegiatan.

Media online dan website merupakan salah satu penunjang untuk memajukan potensi desa desa yang ada di Kecamatan Wayserdang. “Semoga aparat desa bisa tahu, mau, dan mampu menuliskan berita yang menarik juga layak dikonsumsi publik”. []

Bagikan konten ini :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •