(Unila): Mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Lampung (Unila) yang tergabung dalam Tim Kimia Peduli kembali membagikan hand sanitizer atau cairan antiseptik kepada masyarakat Bandarlampung, Jumat (3/4/2020).

Ketua Tim Kimia Peduli Afdahul mengatakan, pembagian hand sanitizer hari ini merupakan lanjutan agenda serupa yang telah digelar sebelumnya, Senin (23/3/2020).

Di tahap kedua ini, Tim Kimia Peduli memroduksi sebanyak 252 liter hand sanitizer yang akan dibagikan gratis kepada masyarakat umum khususnya tenaga medis, masyarakat yang berada di area publik seperti stasiun, terminal, fasilitas kesehatan, dan SPBU.

“Untuk kegiatan donasi yang dilaksanakan di SPBU, alhamdulillah sudah dilaksanakan Kamis kemarin di beberapa daerah seperti Rajabasa, Wayhalim, Sukarame, Kedaton, Kemiling, dan Tanjungkarang. Ada sekitar 30 SPBU yang kami donasikan hand sanitizer,” kata Afdahul.

Mahasiswa Jurusan Kimia angkatan 2016 ini menambahkan, setiap SPBU mendapat bantuan sebanyak 1 botol hand sanitizer ukuran 600ml dan 3 botol berukuran 60ml. “Untuk fasilitas kesehatan, kami masih menunggu arahan dari dosen soal teknisnya,” ujarnya.

Masih sama dengan mekanisme pembagian di tahap awal, lanjut dia, tahap dua juga melalui dua cara penyaluran. Yakni melalui pemberian paket botol atau warga yang membutuhkan langsung mendatangi stand refill di Fakultas MIPA Unila.

“Untuk stok di area stand refill, jumlahnya 50 liter. Kalau untuk didonasikan dalam bentuk paket botol itu ada 3, ukuran 30, 40, dan 60 mili, jumlahnya sekitar 900 botol,” jelasnya.

Pembagian paket botol dilakukan di sekitaran Unila, Kemiling, Rajabasa, Sukarame, Telukbetung, Tanjungkarang, dan daerah lainnya di Kota Bandarlampung.

Meski sempat terkendala mendapatkan bahan baku pembuatan hand sanitizer, Afdahul merasa bersyukur karena kegiatan ini dapat berjalan lancar. Berkat dukungan masyarakat umum yang notabene dari berbagai kalangan terus mengalirkan donasinya sejak 16 Maret hingga sekarang.

Atas terselenggaranya kegiatan sosial tahap kedua ini Afhadul berharap, masyarakat tetap menjaga kesehatan. Pembagian hand sanitizer sendiri dikhususkan bagi orang-orang yang masih aktif di tempat umum. Maka alangkah baiknya warga sekitar yang masih berada dalam rumah, tetap menjaga kesehatan dengan selalu bersih-bersih.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat bermanfaat dan menyadarkan orang-orang terkait pentingnya saling peduli satu sama lain,” imbuhnya. [Humas/Angel]