(Unila): Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung ( Unila ) gelar Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian. Kegiatan berlangsung di ruang sidang LPPM Unila, Selasa (26/03/2019).

Hadir membuka acara Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Bujang Rahman didampingi Ketua LPPM Warsono, Ph.D.

Bujang saat menyampaikan sambutan mengungkapkan keoptimisannya terhadap dosen-dosen muda saat ini. Ia mengatakan, Unila sudah menyediakan berbagai kemudahan bagi para peneliti untuk mengoptimalkan kinerjanya.

“Kata kuncinya ulet, jangan mudah putus asa. Selalu jaga nama baik, biasakan cari prioritas nilai guna penelitian itu, serta pelajari gaya selingkung proposal”

Unila juga telah memfasilitasi pembimbingan pembuatan proposal penelitian untuk sumber daya manusia yang ada. Selain itu, dana penelitian pun cukup memadai. Baik saat melaksanakan riset maupun pascariset.

Mantan Dekan FKIP Unila ini juga menjelaskan, proses menjadi seorang guru besar tidak mudah. Ada proses panjang dari belajar menjadi seorang peneliti pemula hingga menjadi guru besar.

Kini para peneliti pemula ataupun dosen muda sudah sangat difasilitasi agar dapat aktif melakukan penelitian. “Kata kuncinya ulet, jangan mudah putus asa. Selalu jaga nama baik, biasakan cari prioritas nilai guna penelitian itu, serta pelajari gaya selingkung proposal,” imbau Bujang.

Di kesempatan yang sama Warsono mengatakan, kegiatan yang diikuti dosen dari berbagai fakultas ini bertujuan membekali para dosen agar semakin mahir menyusun proposal penelitian.

“Unila melalui LPPM akan terus mengoptimalkan berbagai riset dan kerja sama dengan berbagai pihak terkait,” ujarnya.[Riky/Inay_Humas]