(Unila): Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Lampung (LP3M Unila) menggelar workshop Kurikulum Perguruan Tinggi Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Workshop bertajuk Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Untuk Mendukung Visi Unla pada TAhun 2025 Menjadi Perguruan Tinggi Sepuluh Terbaik di Indonesia ini digelar selama dua hari mulai 10-11 Desember lalu di ruang sidang LP3M lantai IV rektorat.

Ketua LP3M Unila Dr. Ir. Murhadi, M.Si., dalam sambutannya mengatakan, ini merupakan workshop pengembangan kurikulum perguruan tinggi pertama yang diselenggarakan LP3M. Nantinya kegiatan serupa akan terus dilakukan mulai Maret 2015. Adapun peserta workshop adalah ketua program studi sebanyak 40 orang yang berasal dari FKIP, FK, FMIPA, FP, FT, FEB, FISIP, FH, pascasarjana.

“Kenapa kita pilih ketua program studi sebagai peserta karena hal itu berkaitan dengan pencapaian visi dan misi Unila yang keberhasilannya ditentukan dari peran setiap program studi di setiap jurusan dari masing-masing fakultas. Selain itu pendidikan di perguruan tinggi dilakukan di masing-masing program studi,” ujarnya.

Dijelaskan Murhadi, kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi (SK Mendiknas 232/U/2000).

Maka workshop ini perlu diadakan dengan tujuan membangun pengetahuan mengenai kebijakan kurikulum di Unila, kurikulum perguruan tinggi dan standar proses pembelajaran, landasan filosofis dan pedagogis pengembangan kurikulum pendidikan tinggi berbasis standar nasional.

Diharapkan para peserta memiliki kompetensi yang dituju yakni memahami kebijakan kurikulum di Unila, kurikulum perguruan tinggi dan standar proses pembelajaran, landasan filosofis dan pedagogis pengembangan kurikulum pendidikan tinggi berbasis standar nasional, kemudian mampu merumuskan capaian pembelajaran, serta dapat menyusun RPS dan RAP berpedoman pada kurikulum pendidikan tinggi berbasis standar nasional pendidikan.

Adapun komponen kurikulum meliputi beberapa hal. Antara lain, apa yang direncanakan untuk mahasiswa, ini berarti kurikulum mengandung komponen isi dari capaian pembelajaran. Lalu bagaimana menyampaikannya, ini berarti kurikulum mengandung komponen strategi/metode pembelajaran. Dan bagaimana menilai yang berarti kurikulum mengandung komponen proses penilaian dan evaluasi.[] Inay