(Unila) : Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Lampung (LP3M Unila) adakan pelatihan Applied Approach (AA) dalam rangka peningkatan kualitas dosen perguruan tinggi negeri khususnya dalam proses pembelajaran.
Ketua LP3M Unila Dr. Ir. Murhadi, M.Si., mengatakan, pelatihan ini akan digelar selama lima hari mulai 27 hingga 31 Oktober mendatang. Para peserta merupakan dosen senior yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan pekerti atau peningkatan keterampilan teknik instruksional.

Pelatihan bertajuk “Mengembangkan Profesionalisme Dosen dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran yang Powerfull (meaningfull, integrative, value-based, chalenging, and active)” ini diberikan kepada 41 dosen di lingkungan Unila. Para peserta berasal dari fakultas teknik, fakultas kedokteran, fakultas pertanian,fakultas ekonomi dan bisnis, FISIP, dan FKIP.
Kegiatan yang dibuka langsung oleh Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S., ini dilangsungkan di Gedung Rektorat lantai IV. Dalam sambutannya rektor berpesan agar setiap peserta yang mengikuti pelatihan AA tersebut bisa mengimplementasikan pengetahuan yang didapat dalam bidang ilmunya masing-masing.

Selain itu Guru Besar Jurusan Manajemen Kehutanan Unila ini berharap para dosen bisa menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi guna membangun komunikasi dengan mahasiswa maupun sesama sivitas akademika. “Kembangkan diri anda dan jaga selalu nama baik Unila,” ujarnya, Senin (27/10).

Selama beberapa hari para peserta akan mendapatkan serangkaian materi yang disampaikan oleh beberapa narasumber. Antara lain materi tentang “Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran” yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P., kemudian Dr. Bujang Rahman, M.S., dengan materi “Etika Moral dalam Pembelajaran”, Dr. Ir. Murhadi, M.Si., dengan materi “Manajemen Mutu Terpadu”, dan Dr. Een Y. Haenillah, M.Pd. dengan materi tentang “Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum”.

Kemudian penyampaian materi tentang “Penulisan Bahan Ajar oleh Dr. Siti Samhati, M.Pd.”, “Rekonstruksi Mata Kuliah” oleh Dr. Herpratiwi, M.Pd., “Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran” oleh Dr. Dwi Yulianti, M.Pd., “Model Pembelajaran Kolaboratif (SCL)” oleh Dr. Sowiyah, M.Pd., “Penilaian Proses dan Hasil Belajar” oleh Dr. Ngadimun Hd., M.Pd., “Ragam Media dalam Pembelajaran” oleh Dr. Pujiati, M.Pd., “Asessment Alternatif” oleh Dr. Eddy Purnomo, M.Pd., serta “Aplikasi PTK” oleh Dr. Sunyono, M.Pd.[] Inay