Lima Mahasiswa Asing Unila Suguhkan Talo Balak

 

LIMA mahasiswa asing yang tergabung dalam program Darmasiswa Universitas Lampung (Unila) suguhkan permainan alat musik tradisional Lampung Talo Balak pada Pentas Seni Mahasiswa Asing Unila di Aula Fakultas Pertanian kampus setempat, Rabu (24/5/2017).

Mereka adalah David Marko dari Slovakia, Artur Piotr Avril dari Polandia, Andrianarivory Georges Leonio dari Madagaskar, Vu Ngoc Thuy Trinh dari Vietnam, dan Floria Marie Balbine dari Madagaskar.

Selain kelimanya, terdapat beberapa mahasiswa asing yang turut mengisi acara. Mereka merupakan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yaitu Abed Abdulloh Mohammed Saleh Rageh dari Yaman dan Ni Peishi dari Cina, Fakultas Pertanian yaitu Makino Ai dari Jepang dan Sarah Nicolas dari Perancis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu Yuya Jono dari Jepang dan Abdelrahman Salaheldin dari Mesir, dan Fakultas Teknik yaitu Park Eun Ha dari Korea Selatan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Unila Prof. Hasriadi Mat Akin, Wakil Rektor Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Karomani, Dekan Fakultas Pertanian Unila Prof. Irwan Sukri Banuwa, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dr. Muhammad Fuad, M. Hum. , beserta jajaran pimpinan di Kampus Hijau.

Selama berada di Unila, seluruh mahasiswa asing difasilitasi oleh Bagian UPT Pengembangan Kerja sama dan Layanan Internasional (PKLI). Selain aktif di fakultasnya masing-masing, mereka belajar Bahasa Indonesia yang diasuh oleh para dosen Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dari prodi Bahasa Indonesia FKIP Unila. Sementara, dalam memelajari tari dan musik Lampung, peserta Mahasiswa Asing dibantu oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Seni (UKMBS).

Keseriusan para mahasiswa asing dalam mempelajari seni musik Lampung dibuktikan dengan pementasan musik Talo Balak yang menampilkan tetabuhan musik Melinting. Masing-masing memainkan alat musik Talo Balak yang terdiri dari canang, gung, ghujih/kahjih, dan gindang (gendang).

Seluruh mahasiswa asing turut menyuguhkan lagu dari Koes Plus berjudul “Bujangan”. Rangkaian acara juga dimeriahkan dengan menampilkan tarian secret dance dan stand up comedy, kemudian ditutup dengan penampilan seluruh mahasiswa asing Unila yang memakai pakaian adat tradisonal Lampung. Pementasan ini cukup menghibur para tamu undangan dengan penuh tawa diiringi tepuk tangan meriah dari penonton.[Dwi Putriana_Humas]