(Unila): Laporan Rektor Universitas Lampung Tahun 2019 mengusung tema basar Revolusi Industri 4.0. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Tim Penyusun dan Reviewer Laporan Rektor Tahun 2019 Suratno, S.Pd., M.H., Selasa (13/8/2019).

Suratno menjelaskan, tim penyusun dan reviewer Laporan Rektor Unila 2019 telah memilih satu tema utama yang akan menjadi rujukan dalam penyusunan bahan laporan tahunan Rektor tahun 2019.

Tema utama itu adalah bagaimana Perguruan Tinggi merespons perkembangan zaman yang saat ini telah terjadi yakni perubahan era industri dari 3.0 menjadi era industri 4.0.

Oleh karena itu Laporan Rektor Unila tahun ini akan mengusung tema “Inovasi Akademik dan Nonakademik dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”.

Dalam laporan tahunan Rektor itu akan dijabarkan proses inovasi baik bidang akademik dan nonakademik untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 yang telah diselenggarakan Universitas Lampung dalam satu tahun terakhir.

Dengan laporan ini masyarakat diharapkan mengetahui bahwa Unila saat ini sudah bergerak menuju era industri 4.0. Perubahan-perubahan yang dilakukan Unila menuju era industri 4.0 di antaranya inovasi akademik seperti pengembangan simpel KKN, teaching industry, dan hybrid learning.

Sedangkan nonakademik meliputi summer course/school, seminar internasional, pelatihan, pengadaan parkir terpadu, inovasi transportasi, smart room, inovasi digital, inovasi pelaksanaan EPT, hingga implementasi program safety management.

Selain menginformasikan progres Unila menghadapi revolusi industri 4.0, Laporan Rektor Unila 2019 memuat berbagai prestasi yang telah Unila capai selama satu tahun ke belakang. Prestasi monumental ini terdiri dari bidang infrastruktur, akademik, dan berbagai benchmark yang saat ini telah diraih Unila.

Suratno menambahkan, Laporan Rektor Unila 2019 juga menggambarkan bagaimana capaian kinerja Rektor saat ini dalam menuntaskan visi misinya selama empat tahun menjabat.

Pemilihan tema oleh tim kerja dipilih saat proses karantina finalisasi penyusunan draf Laporan Rektor 2019 yang berlangsung dua hari mulai Senin hingga Selasa (12-13/8/2019). Kegiatan yang dihelat di Ruang Cempaka, Hotel Bukit Randu, Bandarlampung ini merupakan tahap lanjutan dari beberapa rangkaian kegiatan yang sudah dijalankan.

Mantan Kasubbag Tata Usaha UPT PKLI Unila ini juga menjelaskan, sebelum ke tahap karantina sudah dipilih beberapa perwakilan unit kerja yang akan dilibatkan dalam rangkaian proses penyusunan Laporan Rektor Unila 2019.

Tim kerja terdiri dari anggota tim penyusun laporan Rektor Unila tahun sebelumnya ditambah beberapa orang tim penyusun baru.

“Mengapa anggota tim berbeda-beda setiap tahunnya, supaya materi yang dipaparkan semakin lengkap dan sesuai perkembangan kinerja Rektor selama satu tahun terakhir terhitung September 2018 hingga Agustus 2019,” ujarnya.

Setelah pemilihan anggota tim penyusun, selanjutnya adalah tahap penentuan tema, penyusunan rincian draf buku kasar, pengumpulan bahan-bahan dan data pendukung, kemudian pembahasan oleh tim penulis hingga finalisasi draf akhir.[Inay_Humas]