Selain jalur seleksi nasional/bersama masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN/SBMPTN), Universitas Lampung memiliki pintu lainnya, yakni ujian masuk lokal (UML) yang dijaring lewat kemitraan dan mandiri.

Jika SNMPTN mempunyai kuota 50 persen dan SBMPTN 30 persen, UML memiliki porsi 15 persen dari sekitar 3.800 kursi yang tersedia di Unila. Sisanya, sebanyak 5 persen diperuntukkan bagi Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP).

Pembantu Rektor Universitas Lampung (PR I Unila) Hasriadi Mat Akin memaparkan, meski sifatnya lokal namun seleksi masuk lewat UML tetap berkualitas. Sebab, dilaksanakan dengan tes murni. Ini berbeda dengan tahun lalu di mana ada jalur khusus masuk Unila tanpa tes.

’’PBUD dulu, orang-orangnya dikirim oleh pemerintah daerah dan langsung diterima. Tapi, sekarang kita ingin mengetahui isi kepala mereka. Ada batas minimal nilai kompetensi untuk dapat diterima.  Pendaftaran UML kita umumkan setelah SBMPTN, sekitar Juli,’’ papar pria berkacamata itu.

Demikian juga dengan jalur paralel untuk Fakultas Ekonomi, Hukum, dan ISIP, dibuka Juli. Biasanya kuota masing-masing sekitar 40 persen dari reguler. ’’Pola belajar pun dari jam 16.00-21.00 WIB dengan usia yang tidak dibatasi. Mengenai biaya cukup mahal karena tak disubsidi, hampir seperti jalur mandiri,’’ tambah Hasriadi.

Mengenai bobot ujian nasional (UN) dalam SNMPTN, Hasriadi masih menyatakan pihaknya wait and see, setelah pengumuman UN keluar. Unila akan melihat variasi nilai masing-masing siswa. ’’Jadi percuma kita tentukan bobot UN sekarang jika nilainya seragam. Sebab, SNMPTN fakta seleksi dan bukan nilai mutlak seperti UN,’’ ungkapnya.

Untuk masalah SBMPTN, pendaftaran akan dibuka pada 12 Mei 2014 buka. Dia menyatakan pihaknya tidak khawatir dengan soal pengawas ruang karena agenda ini rutin dilakukan setiap tahun. Apalagi Unila memiliki jumlah dosen yang cukup banyak.

Tempat tes nantinya di sekitar Bandarlampung seperti Unila, Polinela, dan IBI Darmajaya. ’’Untuk lebih jelasnya, kami rapatkan dengan semua humas SBMPTN di Jogjakarta, Sabtu (26/4, Red),’’ imbuh Hasriadi. Namun berkaca dari tahun lalu, terus dia, panitia lokal SBMPTN menyiapkan 25 lokal dengan 1.198 pengawas.

Diketahui, SBMPTN menjadi tanggung jawab MRPTNI dan/atau rektor perguruan tinggi negeri masing-masing. SBMPTN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan bersama oleh seluruh PTN dalam satu sistem terpadu dan diselenggarakan serentak melalui ujian tertulis.

Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara  pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id. Untuk tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh dari laman http://download .sbmptn.or.id mulai 6 Mei 204. Pendaftaran online dibuka 12 Mei–6 Juni 2014.


Sumber :Radar Lampung, Jumat, 25 April 2014

Artikel ini diambil dari berbagai media yang memberitakan Universitas Lampung, tidak memperhitungkan ada kerja sama atau tidak dan perlu dikonfirmasikan ke Unila jika ada hal yang tidak jelas.

Bagikan konten ini :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •