Konferensi Internasional Pertama Unila Sukses!

(Unila): Pelaksanaan konferensi internasional pertama yang didedikasikan dalam rangka peringatan Dies Natalis ke-50 Universitas Lampung (Unila), berlangsung lancar.

Kesuksesan konferensi internasional IC-STAR 2015 (The 1st International Conference on Science, Technology and Interdisciplinary Research) ini ditandai dengan banyaknya pemakalah dari dalam dan luar negeri yang turut berpartisipasi. Terdapat 86 judul makalah yang telah diseleksi panitia. Seluruhnya berasal dari tujuh negara juga berbagai perguruan tinggi dan lembaga riset di Indonesia.

Head Telecommunication Engineering Laboratorium Unila Ardian Ulvan mengatakan, konferensi ini menyoroti hal-hal baru, kemajuan mutakhir, tantangan state-of-the-art, status saat ini juga masa depan pada semua aspek terkait penelitian dan pengembangan di bidang sains, rekayasa,  dan teknologi dan penelitian interdisipliner.

Adapun bidang-bidang kajian pada IC-STAR 2015 meliputi bidang engineering dan technology, yang meliputi teknik elektro dan telekomunikasi, teknik mesin dan industri, geofisika, kedirgantaraan, pertambangan, ilmu bahan, kimia dan lingkungan, teknik sipil dan arsitektur, computer dan teknologi informasi.

Bidang ilmu biologi dan terapan ilmu meliputi matematika, fisika, biofisika, teknologi nano dan quantum, kimia dasar terapan, Ilmu luar angkasa, dan astronomi. Bidang ilmu medis dan rekayasa meliputi kedokteran dan medis farmasi, ilmu gizi, kesahatan masyarakat, teknik biomedik, ilmu olah raga. Bidang pertanian dan pangan meliputi pertanian, ilmu pangan dan teknologi hasil pertanian, peternakan, kelautan dan perikanan, kehutanan dan ekologika.

Menurut Ardian, panitia menghadirkan lima keynote speakers pada IC-STAR 2015. Yaitu Prof. Ing.Robert Bestak, dari Departemen Teknik Telekomunikasi, Czech Technical University in Prague, Republik Ceko, Prof. Takashi Nishino, dari Departemen Chemical Science and Engineering, Graduate School of Engineering, Kobe Univeristy, Jepang, Prof. Shinji Takenaka, dari Departemen Environmental Microbiology, Graduate School of Agriculture, Kobe University, Jepang

Profesor Toshiro Ohashi, dari Departemen Material Engineering, Faculty of Engineering, Hokkaido University, Jepang, serta Profesor Hadi Nur, dari Centre for Sustainable Nanomaterials, Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia.

 “Pelaksanaan konferensi IC-STAR 2015 ini didukung oleh Czech Technical University in Prague, Republik Ceko, Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia, dan Universitas Udayana, Indonesia, sebagai institusi mitra dan Horiba Scientific sebagai mitra industry,” katanya.

Selain itu terdapat empat jurnal internasional sebagai mitra publikasi, yaitu Trans Tech Publication (terindeks Scopus), Journal of Applied Research and Technology (terindeks pada Science Citation Index Expanded – SCIE dari ISI/Thomson, Elsevier IF= 0.447), ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences (terindeks Scopus), dan IOP Science Journal of Physics Conference Series (terindeks Scopus). Mereka telah menyatakan kesedian dan komitmennya untuk memublikasikan makalah-makalah terpilih yang direkomendasikan oleh Komite Ilmiah IC-STAR.[*]

 

Fakultas Teknik Unila akan menjadi pengelola (conference host) IC-STAR 2015 didukung beberapa pihak yaitu Universitas Udayana Bali, Czech Technical University in Prague (Cekoslowakia), MIMEC Univesiti Teknologi Malaysia, dan Jaringan Kerja sama Internasional untuk Program Sains, Teknologi, dan Edukasi (INSTEP network).

IC-STAR 2015 merupakan lanjutan kerja sama Unila dengan Fakultas Teknik Mesin UTM Malaysia yang telah berhasil menyelenggarakan Konferensi Internasional MIMEC 2015 pada Februari 2015 lalu di Bali dengan mendatangkan 470-an peserta dari 38 negara.

Panitia IC Star 2015 menghadirkan beberapa pembicara inti (keynote speaker) untuk memberikan pencerahan bidang ilmu dan teknologi. Mereka di antaranya Prof. Toshiro Ohashi (Hokaido University, Jepang), Prof. Robert Bestak (CTU in Prague, Cekoslowakia), Prof. Hadi Nur (UTM Malaysia), dan tiga profesor lain dari Korea University dan Universitas Kobe, Jepang, yang masih dalam proses konfirmasi.

Konferensi Internasional IC-STAR dilaksanakan selama dua hari pada 21-23 September 2015 di Emersia Hotel dan Resort, Bandarlampung. Kegiatan kali ini mengusung tema The Sustainable Science, Technology, and Interdisciplinary Research for Our Better Future and Well-being (ilmu pengetahuan, teknologi dan riset antardisiplin yang berkelanjutan untuk perbaikan masa depan kita).

Ketua pelaksana IC-STAR 2015 Dr. Ardian Ulvan yang merupakan Dosen Teknik Elektro Unila meyakini bahwa konferensi internasional ini akan memberi kontribusi signifikan bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada khususnya di Provinsi Lampung dan bangsa Indonesia secara umum.

Para dosen dan akademisi baik di Bandarlampung maupun provinsi lain di Indonesia diundang untuk hadir dan berkontribusi dalam kegiatan ini. Untuk keberhasilan tujuan kegiatan tersebut, konferensi internasional ini akan dibagi menjadi empat bidang konsentrasi ilmu yang dibidangi satu orang ketua.

Yaitu Sains Dasar dan Aplikasi (Life and Applied Science) diketuai oleh Prof. Warsito-Unila, Bidang Teknik (Engineering and Technology) diketuai oleh Prof. Trio Adiono-ITB, Ilmu Kedokteran dan Teknologi Biomedik (Medical Science and Biomedical Engineering) diketuai oleh Prof. Deni Noviana-IPB, serta Teknologi Pertanian dan Ilmu Pangan (Agricultural Engineering and Food Science) yang diketuai oleh Dr. Diding Suhandy-Unila.

Beberapa dosen Unila yang terlibat dalam komite kegiatan tersebut di antaranya Prof. Admi Syarief, Prof. John Hendri, Prof. Hasriadi Mat Akin, Prof. Suharno, Prof. Warsito, Dr. Diding Suhandy, Dr. Melvi Ulvan, Dr. Sarkowi, Dr. Despa, Dr. Helmy Fitriawan, Dr. Irza Sukmana, Dr. Dewi Iryani, Novri Tanti MT., serta Gigih Forda Nama MT.

Panitia juga masih membuka kesempatan bagi para peneliti dan dosen di lingkungan Unila maupun universitas negeri dan swasta lain di provinsi Lampung untuk berkontribusi dalam kegiatan ini. Informasi lengkap mengenai konferensi internasional IC-STAR2015 dapat dilihat pada website www.ic-star.unila.ac.id.

Dengan pelaksanaan konferensi internasional ini, Unila berharap adanya kontribusi staf pengajar Unila maupun universitas lain di Bandarlampung untuk dapat meningkatkan kompetensinya dalam publikasi di jurnal-jurnal internasional yang bereputasi tinggi.

Selanjutnya, inisiasi Unila atas penyelenggaraan kegiatan konferensi internasional di Bandarlampung diharapkan dapat membuka peluang kerja sama dan sharing ilmu pengetahuan, riset dan aplikasi teknologi terkini di berbagai bidang ilmu dengan kalangan akademisi dan peneliti nasional dan internasional.

Konfernsi internasional ini juga diharapkan dapat menunjang visi Unila untuk menjadi 10 besar universitas terbaik di Indonesia.[rls/Iny]