(Unila): Dalam rangka dies natalis ke-58 Universitas Lampung (Unila), Klinik Unila bekerja sama dengan Darma Wanita Unila menggelar seminar kesehatan bertema “Pencegahan Kanker Serviks Secara Dini”.

Seminar ini berlangsung di Student Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) pada Rabu, 6 September 2023, dan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unila, Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T.

Dr. Suripto mengatakan, kanker serviks merupakan masalah kesehatan yang sering dialami wanita. Menurut data tahun 2020, kanker serviks menempati posisi kedua sebagai jenis kanker yang paling banyak diderita wanita di Indonesia.

Oleh karena itu, seminar kesehatan ini sangat penting untuk memberikan edukasi dan informasi kepada peserta dan ibu-ibu Darma Wanita tentang cara mendeteksi dan mencegah kanker serviks sejak dini.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi ibu-ibu Darma Wanita untuk selalu menjaga kesehatan,” ujarnya.

Ketua Dies Natalis Unila ke-58, Prof. Dr. Nairobi, S.E., M.Si., menyampaikan, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi ibu-ibu Darma Wanita dalam upaya pencegahan kanker serviks.

Panitia penyelenggara seminar kesehatan ini menghadirkan narasumber dr. Aditya, M.Biomed., yang menyampaikan materi tentang deteksi dini dan pencegahan kanker serviks.

Ia menjelaskan, kanker serviks merupakan kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim dan biasanya berkembang secara perlahan tanpa gejala yang jelas. “Kanker ini umumnya berkembang perlahan dan baru menunjukkan gejala ketika sudah memasuki stadium lanjut” ujarnya.

Untuk mencegah kanker serviks, dr. Aditya menyarankan agar wanita melakukan vaksin HPV dan skrining kanker serviks secara rutin. Jika sudah terdiagnosis dengan kanker serviks, pengobatan yang dapat dilakukan antara lain operasi, radioterapi, kemoterapi, dan perawatan paliatif.

Kegiatan ini turut dihadiri wakil ketua dies natalis ke-58 Unila, ketua darma wanita, ketua Poliklinik Unila, perwakilan dari Biofarma, dan para anggota Darma Wanita Unila. [Daffa Alsa Pradika]