(Unila): Universitas Lampung (Unila) tak henti-hentinya melaksanakan tridarma perguruan tinggi untuk ambil bagian dalam optimalisasi potensi masyarakat dan wilayah khususnya di Provinsi Lampung.

Kegiatan yang terdiri dari penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini diikuti tim yang terhimpun dari Jurusan S1 Agribisnis dan Magister Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat, Jumat, 9 September 2022.

Desa yang menjadi sasaran tim penelitian dan pengabdian ini antara lain, Sungai Langka, Bernung, Kutoarjo, dan Negri Sakti, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, dan berlangsung selama beberapa minggu.

Ketua Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dr. Tubagus Hasanuddin, M.S., ini didampingi Ketua Laboratorium Agribisnis Unila Prof. Dr. Ir. Kordiyana K. Rangga M.S.

Tema yang diusung tim ini yakni “Pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam Manajemen dan Pengembangan Usaha di Perdesaan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung”.

Tubagus menguraikan, pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu implementasi tridarma perguruan tinggi yang wajib dilakukan sivitas akademika Unila.

Desa tujuan penelitian dan pengabdian tim kali ini merupakan wilayah yang memiliki banyak potensi antara lain dalam bidang perekonomian kreatif, pertanian-peternakan, hingga desa wisata.

Pada tahun ini skema penelitian dan pengabdian melibatkan mahasiswa S1 dan S2, perangkat desa, serta masyarakat, dengan harapan masyarakat desa menjadi mitra Unila untuk mandiri dalam bersinergi.

Penelitian dan pengabdian di Kabupaten Pesawaran dilaksanakan dalam durasi waktu yang cukup panjang dengan rangkaian aktivitas mulai dari survei pemetaan dan observasi, hingga sosialisasi pelaksanaan program.

Tak hanya itu, tim melakukan pendampingan terkait pemanfataan Bumdes dalam mendukung pencapaian pembangunan berkelanjutan. [Humas/Riky]