Himapet Gelar PES 2015

(Unila): Himpunan Mahasiswa Peternakan Unila (Himapet Unila) menggelar seminar nasional (semnas) Inkubator Bisnis Peternakan di Aula Fakultas Pertanian (FP Unila), Kamis (21/5) lalu. Semnas yang diselenggarakan merupakan rangkaian kegiatan Peternakan Explore Spectaculer (PES) 2015.

PES 2015 yang menginjak tahun ketiga diselenggarakan Himapet 2013 lalu ini dihelat sebagai salah satu upaya peningkatan kesejahteraan di bidang peternakan. Ketua Umum Himapet Ahmad Fauzi al Amin mengatakan, seminar ini adalah rangkaian kegiatan Peternakan Explore Spectaculer (PES) 2015. Temanya Inkubator Bisnis Peternakan: Menciptakan Tatanan Peternakan yang Berintegritas Agar Terwujud Kesejahteraan Generasi Bangsa.

‘Sebentar lagi masyarakat akan menghadapi MEA. Di sana regulasi berbisnis akan bergerak bebas. Maka diharapkan melalui semnas ini peserta mendapat wawasan, ilmu, dan masukan sehingga mampu menyongsong MEA,’ ujarnya.

Seminar kali ini menghadirkan Kepala Bagian Perencanaan Kesehatan Hewan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan RI Dejoko Purwanto, Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung Eko Pujowidodo, Ketua Perhimpunan Industri Peternakan Ayam Ras (Pintar) cabang Lampung Agus Wahyudi, guru SMA, dosen, serta mahasiswa se-Provinsi Lampung. Adapun peserta berasal dari Unila, Polinela, Umitra, dan SMK Negeri 4 Metro.

Dekan FP Unila Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S., mengatakan, mahasiswa harus bisa menyiapkan diri untuk menghadapi persaingan di Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mendatang. ‘Lampung memiliki potensi di bidang peternakannya. Tinggal bagaimana kompetensi sumberdaya manusianya,’ ujarnya.

Maka dari itu dia sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dia berharap, agenda seperti ini harus dirutinkan. Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai isu-isu peternakan nasional dan solusinya. ‘Pemahaman masyarakat tentang pentingnya protein hewani bagi tubuh akan meningkat,’ pungkasnya.[]