Hari Ini Unila Mulai Seleksi 1.993 Peserta PMPAP

 

UNIVERSITAS Lampung (Unila) hari ini, Rabu (12/7/2017), mulai menyeleksi 1.993 calon mahasiswa dari jalur Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP).

Seleksi berupa tes wawancara yang dilangsungkan di Gedung Rektorat kampus setempat ini akan berlangsung selama empat hari mulai 12-15 Juli 2017.

Menurut Kasubbag Humas Unila Marsudi, S.I.Kom, panitia seleksi menghadirkan 25 pewawancara yang merupakan perwakilan dari beberapa fakultas di Unila, kecuali Fakultas Kedokteran (FK).
Peserta PMPAP dapat memilih jurusan yang sesuai dengan progran studi saat di sekolah, kecuali program studi kedokteran.

Dari data, kata dia, lima program studi terbanyak tahun ini antara lain Agribisnis sebanyak 219 pendaftar, Ilmu Komputer 201 pendaftar, Ilmu Administrasi Bisnis 113 pendafar, Hukum 110 pendaftar, dan Agrotek 108 pendaftar.
“Untuk kuota jalur PMPAP sendiri, Unila menyiapkan 20 persen dari total penerimaan mahasiswa baru dari lima jalur yang ada yakni SNMPTN, SBMPTN, mandiri, paralel, dan PMPAP,” jelas Marsudi.

Sebagai informasi, PMPAP merupakan program sosial untuk mahasiswa berprestasi. Pewawancara nantinya akan menitikberatkan pada keadaan sosial ekonomi calon mahasiswa. Setelah diperoleh calon mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonomi yang kurang, nantinya peserta akan diranking berdasarkan nilai akademik yang telah diperoleh selama menempuh sekolah menengah atas atau sederajat.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, panitia juga akan melakukan pengecekan keadaan peserta dengan mengunjungi tempat tinggal peserta. Hal ini diharapkan mampu meminimalkan terjadinya penyaluran PMPAP kepada pihak yang tidak berhak.[Inay_Humas]