Hari Ini BP KKN Jajaki Kerja Sama Dengan Pemkab Tanggamus

 

(Unila): Usai mendapat surat balasan dari Pemkab Tanggamus, tim dari Badan Pengelola Kuliah Kerja Nyata Universitas Lampung (BP KKN Unila) berencana mengadakan pertemuan dengan Wakil Bupati Tanggamus Samsul Hadi, hari ini, Jumat (5/5/2017).

Menurut Sri Waluyo, Ph.D., pertemuan diadakan guna membahas pengembangan program Kuliah Kerja Nyata periode Juli-Agustus 2017 yang akan diselengarakan di beberapa wilayah termasuk Kabupaten Tanggamus.

“Terkait dengan rencana mahasiswa masuk wilayah, tentu harus izin pemangku wilayah. Selain izin, tentu kita ingin mendapatkan info masukan dari pemkab setempat mengenai ruang lingkup kerja apa saja yang akan diamanhkan kepada mahasiswa KKN,” ujar Waluyo.

Meskipun memberikan keleluasaan program bagi pemkab yang akan ditempati, kata dia, BP KKN Unila juga memiliki jenis model KKN yang akan dijalankan. Antara lain, KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat. Merupakan skip dari Dikti yang disetujui dan dibiayai pelaksanaannya di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus.

Selain itu BP KKN juga menjalin kerja sama dengan BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia). “Kita akan tempatkan sekitar 100 mahasiswa yang disebar di 20 desa, di antaranya Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, dan Tanggamus.”

Model lain, lanjut Waluyo, program KKN Revolusi Mental hasil kerja sama antara Unila dan Kemenko PMK (Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) yang di antara programnya yakni Indonesia melayani, Indonesia tertib, Indonesia sehat, Indonesia berdikari, dan Indonesia bersatu.

Kunjungan Tim Balitbang Tanggamus

Empat orang perwakilan dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Tanggamus menyambangi BP KKN Unila, Kamis (4/5/2017) siang, dalam rangka koordinasi dan manajemen kemungkinan kerja sama antara Balitbang Tanggamus dan Unila.

Keempat perwakilan itu antara lain M. Gilas Kurniawan, Anas Kemala Jaya, Ismuaji Swandy, dan Wawan Mukti S. Kedatangan mereka disambut langsung Kepala BP KKN Sri Waluyo, Ph.D., didampingi beberapa staf di ruang pertemuan badan setempat, .

Menurut Waluyo, Balitbang Tanggamus sebagai unit kerja baru di Pemda Tanggamus tengah menjajaki kemungkinan kerja sama dengan berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta. BP KKN menjadi salah satu unit kerja yang diharapkan dapat bersinergi membangun sekaligus meningkatkan kinerja Balitbang agar lebih optimal.

“Kehadiran mereka tentu dalam rangka koordinasi. Kedua, membahas skenario bagaimana memerkuat jalinan kerja sama antara BP KKN Unila dan Balitbang dalam konteks KKN.”[Inay_Humas]