Gerakan Seribu Wirausaha Unila Diluncurkan

(Unila): Setelah melalui tahap persiapan yang matang, Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Lampung (UPT PKK Unila) meluncurkan program Gerakan Seribu Wirausahawan Universitas Lampung (Gabuwira Unila)2015 di Gedung Serbaguna Unila, Jumat (15/5) lalu.

Acara tersebut terselenggara atas kerja sama Universitas Lampung, Radar Lampung, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Kementerian Koperasi dan UMKM, Dinas Potensi Maritim Lampung, serta PT IBM (International Business Machines Corporation). Kegiatan dikemas dalam bentuk seminar dan diskusi panel yang menghadirkan beberapa pembicara perwakilan dari seluruh pihak penyelenggara.

Program Gerakan Kewirausahaan Nasional bertajuk Dari Lampung untuk Indonesia ini bertujuan menumbuhkan dan memotivasi jiwa wirausaha pada sivitas akademika. Kegiatan launching tersebut juga berbarengan dengan rangkaian acara Hipmi Lampung Goes to Campus dan IBM Roadshow Small Medium Enterprise.

Mewakili Rektor Unila, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Sunarto DM dalam sambutannya mengungkapkan, kemampuan hardskill saja tidak cukup bagi mahasiswa untuk mengasah keterampilan. Mahasiswa juga membutuhkan softskill untuk membentuk keterampilan lain seperti kematangan sosial, emosional, dan jiwa wirausahanya.

Program ini merupakan salah satu upaya membekali keterampilan bagi para mahasiswa dan lulusan Unila. Sunarto menambahkan, Gabuwira Unila 2015 berupaya melahirkan wirausahawan dari berbagai sektor usaha ditambah memiliki multitalenta yang mumpuni. Hal ini melalui pelatihan dan pengembangan inkubator bisnis.

Selain memberikan pengetahuan dan wawasan berwirausaha, Gabuwira diharapkan menumbuhkan dan memotivasi untuk berwirausaha, membantu menciptakan jaringan usaha bagi wirausahawan pemula, serta menyinergikan berbagai program kewirausahaan guna tercapainya seribu wirausaha setiap tahun.

Kepala UPT PKK Unila Dr. Ayi Ahadiat mengatakan, sebanyak 500 mahasiswa Unila yang telah terdaftar dalam program Gabuwira Unila 2015 turut berpartisipasi dan akan menempuh mata kuliah kewirausahaan.

Nantinya setelah diberikan pembekalan dan pelatihan kewirausahaan nasional, mahasiswa di akhir acara diminta membuat rencana bisnis yang akan diseleksi oleh UPT PKK Unila. Selanjutnya, akan dipilh 20 mahasiswa terbaik yang berhak mendapatkan hibah antara Rp5-25 juta dari Kemeterian Koperasi dan UMKM.[]