(Unila): Fakultas Pertanian (FP) Universitas Lampung (Unila) berkolaborasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) menggelar Pelatihan Penulisan Jurnal Internasional Bereputasi di ruang pertemuan Whiz Prime Hotel, Senin (14/10/2019).

Penyelenggara pelatihan bagi para dosen di lingkungan Universitas Lampung ini menghadirkan Prof. Bunyamin Ta’ran dari University of Saskatchewan, Kanada, selaku narasumber.

Ketua pelaksana Fitriyelli, S.P., M.Si., Ph.D., mengatakan, selain syarat naik pangkat, pelatihan yang berlangsung dua hari ini bertujuan membantu para peneliti dan mahasiswa pascasarjana agar dapat submit jurnal internasional dan membuat artikel bereputasi.

Pelatihan diawali persiapan naskah jurnal internasional, strategi submit menjawab reviewer dan coaching. “Diharapkan setelah kegiatan peserta dapat membuat artikel yang siap disubmit,” harapnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Prof. Bujang Rahman saat sambutan menyampaikan, pengabdian kepada masyarakat dan pembuatan jurnal adalah bagian tugas mulia dosen.

Hal itu juga merupakan syarat menjadi guru besar dan karya itu muncul dari hasil bekerja keras. “Harus jeli melihat kualitas jurnal. Tidak hanya terindeks, sitasi, dan strangenya, carilah jurnal yang betul-betul berkualitas dan fokus,” tegasnya.[Riky_Humas]