(Unila): Promovendus Wardani resmi menyandang gelar doktor usai melaksanakan sidang ujian terbuka promosi doktor yang berlangsung di Aula K Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila), pada Jumat, 23 Mei 2025.

Sidang terbuka dibuka Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Sunyono, M.Si., yang juga bertindak sebagai Ketua Tim Penguji. Serta sejumlah penguji, di antaranya Sekretaris Penguji Hasan Hariri, S.Pd., M.B.A., Ph.D., dan Penguji Internal Dr. Riswandi, M.Pd., serta Dr. Muhammad Nurwahidin, M.Ag., M.Si., selaku penguji satu.

Selain itu, turut hadir penguji eksternal, Prof. Dr. Bambang Suryadi, M.Pd., yang berasal dari UIN Hidayatullah Jakarta, promotor disertasi ini adalah Prof. Dr. Undang Rosidin, M.Pd., dengan Co-Promotor Dr. Dwi Yulianti, M.Pd., dan Dr. I Wayan Distrik, M.Si.

Promovendus Wardani mempresentasikan disertasi berjudul “Academic Buoyancy Bermuatan 7Cs Skills dan Berlandaskan Perspektif Engagement Theory”.

Dalam penelitiannya, Wardani mengembangkan alat ukur untuk mengetahui academic buoyancy (daya apung akademik) dan keterampilan abad 21 dengan model 7Cs berdasarkan perspektif engagement theory, yang disesuaikan dengan karakteristik dan budaya di Indonesia.

“Penelitian ini menggunakan engagement theory sebagai dasar pengembangan academic buoyancy (daya apung akademik). Oleh karena itu, engagement theory perlu diperluas agar dapat mengakomodasi pengukuran yang lebih komprehensif,” ungkapnya.

Selanjutnya, Peran Self-Determination Theory (SDT), teori Stage-Environment Fit (SEF), dan teori expectancy-value menjadi penyempurna engagement theory dalam mengkonstruksi alat ukur academic buoyancy yang bermuatan 7Cs skills (Critical thinking, Collaboration, Communication, Creativity, Connectivity, Computational Thinking, Cross Culture Understanding).

Selama menempuh program doktor, Wardani menunjukkan kualitas akademik yang luar biasa, dengan berhasil mempublikasikan karya ilmiah di jurnal internasional terindeks Scopus, jurnal terindeks Sinta 2, dan memperoleh beasiswa penelitian disertasi doktor Baznas.

Dengan disertasi ini, Wardani berhasil meraih gelar doktor ke-15 bidang pendidikan di FKIP Unila.

Pencapaian ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada manajemen perguruan tinggi di Indonesia mengenai kaitan academic buoyancy yang berfokus pada penguatan mahasiswa yang mengalami masalah yang cenderung tidak bisa dihindari. [Magang_Cindy Adelia]