FK Gelar Pendidikan Kepaniteraan Klinik Dokter Muda

RSUD Ahmad Yani Kota Metro

Rumah Sakit Umum Daerah Achmad Yani (RSUD)Metro diakui Universitas lampung (Unila) sebagai rumah sakit pendidikan pertama di Lampung. Sebab itu, Unila mengharapkan rumah sakit daerah tersebut menjadi tempat pendidikan para dokter muda.
Hal itu disampaikan Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unila dr. Muhartono pada pembukaan Pendidikan Kepaniteraan Klinik Dokter Muda Fakultas Kedokteran Universitas Lampung di RSUD Jenderal Achmad Yani, Metro yang digelar di aula pemkot setempat, Senin (10/8/) lalu.

Mewakili Rektor Prof. Sugeng P Harianto, Muhartono mengatakan RSUD A. Yani Kota Metro sebagai RS pendidik yang pertama di Lampung, dan nantinya RSUD Abdul Moeloek akan didorong menjadi RS pendidik selanjutnya. “Kami juga berharap Kota Metro dapat mendidik melalui RSUD A. Yani sebagai pendidik para dokter muda, yang mana selama ini Kota Metro yang mempunyai visi Kota Pendidikan,” ujarnya.

Konteks tersebut juga diwarnai dengan penerimaan koas di RSUD A Yani Kota Metro. Sebanyak 13 calon dokter akan melaksanakan koas selama 12 bulan di rumah sakit itu.

Hadir pada acara tersebut, Ketua DPRD Metro Anna Morinda, Direktur RSUD A Yani Kota Metro dr. Endang Nuriyati, para tamu dari SKPD, asisten, dokter spesialis, serta para dokter RS A. Yani Kota Metro.

Sementara itu, Walikota Metro Lukman Hakim menyambut baik akan Pendidikan Kepaniteraan Klinik Dokter Muda di RSUD Jend. A. Yani, sehingga akan terciptanya kerjasama pembangunan dibidang kesehatan, serta untuk meningkatkan pengetahuan ke masyarakat tentang kesehatan, sejalan dengan visi Kota Metro yang khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan.

Di tengah acara, Wali Kota Metro menerima peserta didik Kepaniteraan Klinik Dokter Muda Fakultas Kedokteran Unila dan penyematan identitas dokter muda kepada 13 dokter muda, dan selanjutnya pengucapan janji dokter muda yang dipimpin Ketua Bakordik RSUD A Yani dr. Ronald David M, Sp.PD. Lukman mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih ditunjuknya RS A Yani sebagai RS pendidik utama di Lampung. Ia juga mengucapkan selamat datang kepada para dokter muda. “Semoga para dokter muda saat terjun ke masyarakat dapat bermanfaat,” tutur Lukman seperti yang dikutip dari website Lampost.co [Naufal A.Caya]