FISIP Gelar Lokakarya Renstra

FAKULTAS Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  Universitas Lampung (FISIP Unila) kemarin menggelar lokakarya rencana strategis (renstra) 2016-2021 di Hotel Marcopolo, Bandarlampung.

Kegiatan ini dihadiri oleh dekan, para wakil dekan, para ketua dan sekretaris jurusan, dan sejumlah tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Lokakarya ini juga menghadirkan pemateri Ketua Tim Penyusun Renstra Unila Dr. Sutikno; Ketua APINDO Lampung Yusuf Kohar; Ketua BKD Lampung Zaini Nurman; dan alumni FISIP Unila yang kini berprofesi sebagai pengusaha, Dwi Pribadi.

Dekan FISIP Unila Drs. Agus Hadiawan, M.Si. menjelaskan, renstra FISIP Unila memiliki peran dalam memberikan arahan dalam penyelenggaraan berbagai program dan kegiatan sebagai upaya pencapaian tugas, pokok, dan fungsi FISIP Unila.

“Renstra FISIP yang akan disusun saat ini memasuki tahap ketiga dengan tema strategis Peningkatan Daya Saing Nasional dan Regional,” jelas Agus.

Menurutnya, para pemateri yang merupakan stakeholder fakultasnya diharapkan mampu memberikan masukan guna perbaikan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di tubuh FISIP Unila.

Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FISIP Unila, Prof. Dr. Yulianto, MS, menambahkan, sasaran strategis yang akan dicapai pihaknya yakni meningkatnya kualitas pembelajaran dan kemahasiswaan; meningkatnya relevansi dan produktivitas penelitian.

“Selain itu sasaran strategis kita adalah meningkatnya kualitas dan kuantitas pendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi dan meningkatnya kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat,” paparnya.

Dalam paparannya, Sutikno menjelaskan, renstra Unila 2016-2020 disusun dengan mengikuti Peraturan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Permen PPN/Kepala Bappenas) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyusunan dan Penelaahan Rencana Strategis Kementrian/Lembaga (Renstra K/L) 2015-2019.

Terakhir, renstra FISIP Unila 2016-2020 ini akan menjadi acuan itama dalam penyusunan rencana operasional (renop) dan rencana kerja anggaran (RKA) FISIP Unila, sehingga akan lebih terarah dan terencana dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan serta lebih efisien dalam pelaksanaannya. (rilis)