Fakultas Kemaritiman Masuki Penyusunan Proposal

(Unila): Dekan Fakultas Pertanian Prof. Irwan Sukri Banuwa menyampaikan rencana pembentukan Fakultas Kemaritiman dan Perikanan di Kampus Hijau telah memasuki proses penyusunan proposal. Selanjutnya akan disusun naskah akademik, proses perizinan, hingga persiapan sarana prasarana kampus.

Pihaknya menyatakan sudah menyiapkan proposal yang ditargetkan rampung dalam tiga bulan ke depan. Proposal pengajuan pembentukan fakultas tersebut siap dikoordinasikan kepada rektor Unila agar dapat diusulkan ke Kemenristek Dikti.

“Sebelumnya kita telah mengajukan proposal fakultas teknologi pertanian (fateta). Setelah itu kita akan mengusulkan fakultas kemaritiman dan perikanan ke Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Tapi nama ini belum pasti ya, nanti para pakar lah yang akan menentukan namanya.”

Diungkapkan Irwan, langkah pembentukan sebuah fakultas baru sebenarnya cukup sederhana. Pertama menyusun proposal. Kedua, menyusun naskah akademik. Ketiga, perizinan. Keempat, memersiapkan sarana prasarana. Syaratnya juga tidak banyak. Memiliki minimal dua program studi atau jurusan serta memunyai mahasiswa tidak kurang dari 500 orang.

“Seperti yang dikatakan pak rektor. Pembentukan fakultas ini guna mendukung program Nawacita Presiden Jokowi menjadikan Indonesia poros maritim dunia. Lampung bagian poros maritim nasional, potensi kita lebih dari 1.700 KM nomor dua secara nasional. Ekspor udang Provinsi Lampung kita terbesar se-Asia Tenggara.”[inay]