(Unila): Desain Rumah Sakit Pendidikan Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) Universitas Lampung (Unila) usung konsep kekinian. Selain dibekali sistem smart and green building, RSPTN Unila bakal dilengkapi media riset bagi berbagai fakultas, perpustakaan, auditorium dan ruang perkuliahan yang terintegrasi.

Demikian diungkapkan Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr. dr. Asep Sukohar, M.Kes., pada rapat finalisasi desain RSPTN Unila, di ruang sidang senat lantai 2 Rektorat, Selasa (14/1/2020).

Dijelaskan Asep, bangunan RSPTN kelak memiliki spesifikasi sistem pelampung dengan sok braker antigempa. Sistem sirkulasi udara hemat listrik dan lingkungan hijau juga diterapkan pada desainnya. “Konsepnya modern. Pelayanan administrasi juga akan berbasis IT,” ujarnya.

Meski sempat tertunda, rencana pembangunan rumah sakit Unila Pembangunan RSPTN Unila yang akan didanai pemerintah melalui Asian Development Bank (ADB) itu terus menunjukkan progres hingga kini sudah memasuki tahapan finalisasi desain.

Rektor Unila Prof. Karomani saat membuka rapat menyampaikan, hal yang tak kalah penting saat ini adalah mempersiapkan capacity building, sumber daya manusia, serta sistem perawatan rumah sakit.

Sebab selain perencanaan pembangunan fisik sejumlah item tersebut akan sangat menentukan kualitas standar pelayanan rumah sakit di masa mendatang. “Pembangunan infrastruktur RSPTN harus sesuai proposal yang diberikan ke ADB. Termasuk soal hasil analisis struktur bangunan dan analisis dampak lingkungannya,” tegas Karomani. [Humas]