(Unila) : Universitas Lampung (Unila) perkuat pembentukan karakter dan akhlak generasi muda dengan menyelenggarakan workshop standar pembelajaran Mata Kuliah Umum Pendidikan Agama Islam (MKU-PAI), Senin (11/5/2020).

Acara yang terselenggara secara daring ini diikuti sejumlah dosen pengampu MKU-PAI yang tersebar di beberapa fakultas. Workshop merupakan acara yang diselenggarakan Badan Pelaksana Mata Kuliah Umum (BP-MKU) yang dibuka resmi Rektor Unila Prof. Karomani, M.Si.

Dalam sambutannya, Karomani mengajak para peserta untuk berkomitmen secara sungguh-sungguh dalam proses pembangunan karakter dan akhlak mahasiswa.

Ia menuturkan, pada fase ini dosen PAI adalah dosen yang bertanggungjawab penuh mengembangkan peranan dalam mempersiapkan mahasiswa yang berakhlak dan berbudi pekerti. Karena akhir dari semua ibadah yang dilakukan yakni untuk membentuk karakter dan akhlak.

“Sebagaimana pesan nabi sallallahu alaihi wassalam, innama bu’itstu liutammima makarimal akhlaq, sesungguhkan Aku turun ke muka bumi tidak lain untuk menyempurnakan akhlak,” terangnya.

Kepala BP-MKU Unila Dr. Mulyanto Widodo, menyebutkan beberapa latar belakang terselenggaranya workshop antara lain untuk perubahan tujuan dan sasaran pembelajaran. Kedua, penambahan pembelajaran praktikum bagi dosen pengampu mata kuliah, dan ketiga penyeragaman standar praktikum PAI.

Mulyanto juga menyampaikan, harus terdapat beberapa strategi dan inovasi dari dosen saat menyampaikan materi di masing-masing fakultas. Standar yang dibuat ini diharapkan dapat menjadi acuan pada MKU-PAI.

Analisis materi yang mencakup penyusunan standar 1 hingga 9 oleh peserta selama dua hari dipimpin langsung Dr. Samsul Arif dari sisi agama dan Dr. Riswandi dari sisi pendidikan. [Humas/Riky]