(Unila): Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarkat Universitas Lampung ( LP2M Unila ) selenggarakan pelatihan Metodologi Penelitian Bagi Peneliti Pemula. Kegiatan berlangsung di ruang sidang LPPM, Rabu (20/03/2019).

Pelatihan satu hari ini dihadiri 50an dosen dari berbagai fakultas kampus setempat. Ketua LPPM Warsono, Ph.D., saat membuka acara mengungkapkan, kegiatan dikhususkan bagi dosen pemula. Yakni dosen yang baru memulai penelitian, baik dosen muda dari segi umur maupun dosen yang berasal dari tenaga kependidikan (tendik).

Materi yang disampaikan merupakan kombinasi bidang sosial dan sains. Ia berharap, para peneliti pemula dapat memahami penelitian multidisiplin, baik antarfakultas maupun jurusan.

Lebih lanjut Warsono menjelaskan, di pertemuan ini juga dipaparkan hal-hal berkaitan dengan program Unila. Ini bertujuan agar muncul sinergi pembangunan dan riset yang dilakukan. Proses pelaksanaan metodologi penelitian harus real, tidak lagi dalam konteks akademik saja.

“Mungkin beberapa orang belum mengetahui potensi Lampung di bidang riset. Selain materi-materi substansi, narasumber pelatihan akan membagi pengalaman yang dirasakan para peneliti senior,” pungkasnya.

Narasumber yang hadir mengisi materi antara lain Prof. Sudjarwo, M.S., ( FKIP Unila ); Prof. M. Akib, M.Hum., ( FH Unila ); Prof. Hamim Sudarsono, M.Sc., ( FP Unila ); Prof. Mustofa Usman, Ph.D., ( FMIPA Unila ); serta Yulia Rahma Fitriana, Ph.D., (FP Unila).

Materi yang dipaparkan di antaranya teknik mewawancara dalam pengumpulan data, analisis data, dan tata cara penggunaan software mendeley untuk mempermudah pengelolaan pembuatan buku dan jurnal nasional-internasional bereputasi.[Riky/Inay_Humas]