(Unila): Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) melaksanakan kegiatan Asesmen Lapangan (AL) Akreditasi Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Lampung.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, 21-22 Agustus 2024, bertempat di FKIP Unila, sebagai bagian dari upaya untuk menilai dan meningkatkan mutu program studi sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).

Kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Habibullah Jimad, S.E., M.Si., Dekan FKIP Prof. Dr. Sunyono, M.Si., para wakil dekan FKIP, ketua LPPM, para kepala UPT, koordinator tata usaha, kepala unit, ketua dan sekjur, ketua prodi, dosen, serta tenaga kependidikan prodi S-1 Pendidikan Bahasa Lampung.

Asesmen lapangan merupakan bagian penting dari proses akreditasi yang dilakukan Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) untuk memastikan kelayakan program studi berdasarkan Pasal 55 ayat 1 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012.

Proses ini mencakup evaluasi terhadap berbagai kriteria yang telah ditetapkan untuk menilai kualitas pendidikan tinggi, khususnya prodi S-1 Pendidikan Bahasa Lampung.

Dr. Habibullah Jimad, S.E., M.Si., menyampaikan, asesmen lapangan ini bertujuan untuk memastikan isi dokumen borang akreditasi sesuai dengan kondisi nyata di lapangan.

“Prodi Pendidikan Bahasa Lampung merupakan representasi dari local wisdom yang sangat penting untuk dijaga dan dikembangkan. Asesmen ini bertujuan untuk mengonfirmasi dan mengklarifikasi data dalam borang akreditasi secara objektif, sehingga kami berharap prodi ini mendapat nilai terbaik,” ujar Dr. Habibullah.

Proses asesmen lapangan dilakukan tim asesor dari LAMDIK, yaitu Prof. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum., dari Universitas Sebelas Maret,  Prof. Dr. Nunuy Nurjanah, M.Pd., dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Tim asesor bertugas mengevaluasi prodi melalui berbagai aktivitas seperti wawancara, observasi, serta pemeriksaan sarana dan prasarana.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, pada hari pertama diawali pembukaan, sesi dengan Unit Pengelola Program Studi (UPPS), pelaksana penjaminan mutu internal, tim taskforce, wawancara dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa, serta cek sarana dan prasarana. Pada hari kedua yaitu observasi pembelajaran

Kegiatan diakhiri dengan penyampaian umpan balik oleh tim asesor kepada pihak fakultas. Tim asesor memberi sejumlah masukan konstruktif guna meningkatkan kualitas Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Lampung.

Prof. Sunyono menyampaikan apresiasinya kepada tim asesor atas dedikasi mereka selama proses asesmen.

“Kami sangat berterima kasih atas penilaian dan masukan yang diberikan tim asesor. Prodi Pendidikan Bahasa Lampung memiliki peran penting dalam melestarikan bahasa dan budaya lokal, serta mencetak lulusan berkompeten di bidang pendidikan bahasa. Kami optimistis prodi ini dapat meraih akreditasi terbaik,” ujar Prof. Sunyono.

Melalui asesmen ini, FKIP Unila menunjukkan komitmennya untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan menjadi institusi yang mendukung pelestarian kearifan lokal, khususnya bahasa Lampung. [Rilis]