(Unila): 500-an penyandang disabiltias hadiri Peringatan Hari Disabilitas International (HDI) yang diselenggarakan berkat kerja sama antara Universitas Lampung (Unila), Dinas sosial Provinsi Lampung, Bank Lampung, dan beberapa komunitas difabel di Lampung.

Kegiatan bertajuk “Usung Tema Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul” yang berlangsung di Aula Fakultas Pertanian Universitas Lampung, Rabu (4/12/2019), ini dibuka Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unila Prof. Dr. Ir. Muhammad Kamal, M.Sc.

Pembukaan juga dibarengi peluncuran program “Kampus Peduli Disabilitas” yang ditandai dengan deklarasi kepada Gubernur Provinsi Lampung yang diwakili Kepala Dinas Sosial Sumardju Saeni didampingi Presiden BEM U Unila Fajar Agung.

Deklarasi itu berisi tiga poin, pertama Universias Lampung siap menjadi rumah yang ramah bagi penyandang disabilitas. Kedua, Universitas Lampung akan memperhatikan pembangunan infrastruktur penunjang bagi disabilitas. Ketiga, Universitas Lampung siap menjadi mentor apabila dibutuhkan dalam pembinaan disabilitas.

Pada kesempatan itu juga Kamal mengajak seluruh peserta untuk merenungi proses penciptaan manusia. “Manusia diciptakan Allah SWT sebagai mahkluk sempurna. Oleh karenanya penyandang disabilitas bukanlah kendala, mereka sama dengan yang lain. Kaum disabilitas diberi kesempatan yang sama pada pembangunan nasional maupun internasional,” ujarnya.

Termasuk Universitas Lampung yang juga memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk menjadi pegawai sesuai peraturan yang dikeluarkan pemerintah. Unila akan mendukung upaya tersebut dengan membangun sarana penunjang bagi penyandang disabilitas.

Unila wajib memberi peluang kepada mereka penyandang disabilities untuk menuntut ilmu di kampus Universitas Lampung. Unila juga siap memberikan pembinaaan bagi penyandang disabilitas yang tidak menuntut ilmu di Unila. “Kepada penyandang disabilitas, tetap semangat meraih impian masa depan,” ujarnya.

Mewakili Gubernur Lampung, Kepala Dinas Sosial Sumardju Saeni memyampaikan, pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya mendorong semua kalangan untuk melakukan kegiatan konkret bagi para disabilitas.

Pada kesempatan peringatan hari disabilitas internasional tahun ini, atas dukungan lembaga koordinasi kesejahteraan sosial Provinsi Lampung bersama Bank Lampung akan terus melakukan pendampingan dan pembinaan kepada para disabilitas yang telah memiliki usaha melalui lembaga kesejahteraan sosial.

Hal lain yang patut juga diapresiasi, adanya komitmen kampus yang diawali dari Universitas Lampung menjadi kampus peduli atau ramah disabilitas. “Kepada seluruh penyandang disabilitas saya berpesan teruslah meningkatkan kemampuan, keterampilan dan pengabdian walaupun dengan keterbatasan yang saudara miliki,” tutupnya.[Penda_Humas]