(Unila): Sebanyak 32 dosen di Universitas Lampung (Unila) mengikuti Pelatihan Applied Approach (AA) yang diselenggarakan Pusat Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran (PKPP) Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unila, di Ruang Sidang lantai 4 Gedung Rektorat, Senin (22/6/2020).

Kegiatan yang dibuka Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Prof. Dr. Heryandi, S.H., M.S., ini berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan terkait Covid-19 yang ditetapkan pemerintah.

Antara lain dengan memberi jarak minimal satu meter, menggunakan masker dan hand sanitizer, serta mengukur suhu badan para peserta secara berkala oleh panitia kegiatan.

Heryandi dalam sambutannya menyebutkan, para dosen yang ada di lingkungan Universitas Lampung harus mampu menyesuaikan pengajaran dan kegiatan pembelajaran dengan tantangan zaman yang berbasis teknologi.

Dunia pendidikan dan pembelajaran adalah salah satu bidang yang tidak bisa lepas dari dampak teknologi informasi dan komunikasi. Seluruh komponen dari sistem pendidikan dan pembelajaran dipengaruhi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Baik komponen tujuan, materi atau isi, sumber belajar, strategi, hingga komponen evaluasi.

Semua itu, kata Heryandi, secara nyata akan berdampak pada proses belajar dan pembelajaran yang dialami para peserta didik. Oleh karena itu pembelajaran harus disesuaikan agar proses belajar para peserta didik sesuai dengan zamannya.

“Kita tidak bisa melaksanakan pembelajaran untuk peserta didik seperti yang kita alami saat mengikuti proses pembelajaran 10 atau 20 tahun lalu. Selain tuntutan zamannya sangat berbeda, pola pengajarannya pun berbeda,” imbuhnya.

Mantan Dekan FH Unila ini berharap, para dosen yang mengikuti pelatihan AA mampu memaksimalkan keikutsertaannya sebagai upaya upgrade dalam rangka mendidik mahasiswa-mahasiswa Universitas Lampung.

Dr. M. Setyorini, M.S., selaku Ketua PKPP menyatakan, kegiatan ini merupakan pelatihan tahap pertama yang diadakan PKPP LP3M Unila. Pelatihan dilaksanakan selama empat hari mulai Senin (22/6/2020) hingga Kamis (25/6/2020).

Program AA dirancang sebagai program lanjutan dari Pekerti. Selaras Permendikbud RI Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, materi pelatihan AA tahun 2020 berupaya melatih dosen agar memiliki wawasan mendalam untuk pembelajaran dalam Kampus Merdeka.

Pembelajaran yang memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui permasalahan riil dan dinamika lapangan seperti interaksi sosial, kolaborasi, sekaligus manajemen diri.

Dengan demikian, diharapkan para dosen yang telah mengikuti AA mampu melaksanakan transformasi pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Kemudian mampu membekali dan menyiapkan lulusan Unila menjadi generasi unggul serta menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. [Humas/Rilis]