(Unila): Universitas Lampung (Unila) menerima hasil audit dari Kantor Akuntan Publik (KAP) Hari Purnomo dan Jaswadi, Kamis (2/5/2019). Hasil audit eksternal pada sistem keuangan Unila menyatakan Kampus Hijau ini mendapat peringkat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Penyampaian laporan hasil audit eksternal untuk tahun anggaran 2018 itu berlangsung di ruang sidang lantai II gedung Rektorat kampus setempat. Kedatangan Akuntan Hari Purnomo diterima langsung Rektor Unila beserta jajaran.

Hari menerangkan, Unila meraih peringkat WTP diiringi nilai hasil kinerja Badan Layanan Umum (BLU). Berdasarkan keputusan Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu, Unila memperoleh nilai dobel A.

WTP, lanjut Hari, adalah salah bagian kontrak kinerja yang dibangun antara Rektor dan Menteri Ristek. Penyusunan laporan selama lima minggu tersebut menghasilkan beberapa rekomendasi terkait penilaian keuangan Universitas Lampung.

Di antaranya, pengelolaan kas di Unila yang masih perlu dioptimalkan. Pemanfaatan BMN (barang milik negara) harus ke arah yang menghasilkan pendapatan (income). Hal itu bertujuan untuk meningkatkan layanan kepada seluruh mahasiswa.

BMN juga harus dipelihara dengan sistem pengendalian keamanan diikuti sistem investasi yang taat aturan. Begitu pula besaran remunerasi yang harus dilaksanakan sistematis dengan analisis jabatan yang lebih baik. Baik job value maupun job class.[Riky/Inay_Humas]