(Unila): Sebanyak 2.405 peserta ikuti workshop “Peningkatan Kompetensi Tenaga Muda Ahli Bidang Jasa Konstruksi” di GSG Universitas Lampung, Jumat (12/4/2019).

Peserta yang mengikuti kuliah umum merupakan mahasiswa dari sembilan Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta di Provinsi Lampung.

Kegiatan yang diselenggarakan Balai Jasa Konstruksi Wilayah Palembang ini dibuka Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unila Prof. Muhammad Kamal. Workshop yang digelar dalam rangka memeringati Dies Natalis Fakultas Teknik ke 40 ini akan berlangsung dua hari mulai 12-13 April 2019.

Kuliah umum juga dihadiri Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si., para dekan di lingkungan Unila, serta para undangan.

Muhammad Kamal menyampaikan, peranan infrastruktur dalam kehidupan manusia merupakan hak setiap warga negara yang dijamin UUD 1945. Infrastruktur harus aman dan nyaman digunakan.

Untuk membuat infrastruktur demikian tentunya harus memiliki kompetensi. Salah satunya tenaga ahli di bidang sumber daya air. Selain itu infrastruktur pada bidang transportasi harus disediakan dengan optimal, baik jalan maupun kendaraannya.

Syarif Burhanuddin juga menambahkan, masyarakat harus memperkuat segala potensi yang ada dalam negeri untuk meningkatkan daya saing. Apa yang dibangun saat ini mungkin baru akan terasa manfaatnya empat hingga sepuluh tahun mendatang.

Oleh karena itu Perguruan Tinggi dan SMA sederajat dapat link and match untuk uji kompetensi. Tenaga-tenaga ahli yang dihasilkan akan diberikan sertifikat supaya dapat langsung bekerja.

“Saat ini dunia kerja bukan hanya membutuhkan ijazah melainkan spesialisasi. Kalau di Dubai tidak ditanya lagi ijazahnya, tapi kompetensi apa yang dimiliki,” terangnya.[Penda/Inay_Humas]