2.000 Mahasiswa KKN Siap Terjun ke Tujuh Kabupaten

(Unila): Sebanyak 2.000 mahasiswa Universitas Lampung (Unila) siap terjun ke tujuh kabupaten yang tersebar di Provinsi Lampung dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) gelombang kedua.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Badan Pelaksana KKN Unila Sri Waluyo, S.TP.,M.Si.,Ph.D., Kamis (8/6/2017). Ia
mengatakan, KKN sebagai agenda rutin itu akan diselenggarakan pada bulan Juli hingga Agustus mendatang.
“Unila memunyai program pelaksanaan KKN sebanyak dua kali yang dilaksanakan pada masa libur. Gelombang pertama sudah dilaksanakan pada bulan Januari hingga Februari lalu,” terangnya.

KKN periode ini akan diikuti sebanyak 2.000 mahasiswa yang terbagi menjadi dua yakni FKIP sebanyak 1.201 orang dan nonFKIP sebanyak 799 orang.

Terkait program KKN sendiri, kata dia, tahun ini memiliki beberapa tema antara lain KKN Kebangsaan, KKN Bersama, KKN Revolusi Mental, KKN Mendes, KKN Pendidikan, KKN Infrastruktur Pemukiman, dan KKN Tenaga Kerja.

Dosen Fakultas Pertanian Unila ini merinci, pelaksanaan KKN Kebangsaan akan dilaksanakan di Gorontalo dengan lima orang utusan dari Unila, sedangkan KKN Bersama akan diselengarakan di Bangka Unila dengan mendelegasikan lima orang. Sementara program pelaksanaan KKN yang lain akan dilaksanakan di tujuh kabupaten yang tersebar di Provinsi Lampung.
Kasubbag Humas Universitas Lampung Marsudi, S.I.Kom., menambahkan, kegiatan ini dapat memberikan kontribusi untuk masyarakat dalam bentuk pelayanan terhadap masyarakat dengan tiga fokus kegiatan.

“Seperti di Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, para peserta KKN harus mampu memberikan pelayanan akan pelaksanaan Bumdes, membentuk smart village, dan membuat karya unggulan desa,” imbuhnya.

Marsudi juga menyampaikan, acara pelepasan peserta KKN akan dihadiri oleh Kemendagri, BNP2TKI, Gubernur Lampung, Kapolda, Danlanal, Korem, dan lain-lain. “Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 7 Juli mendatang di GSG Universitas Lampung,” pungkasnya.[Humas]