Rektor Hadiri Nusantara Mengaji

(Unila): Rektor Universitas Lampung Prof. Hasriadi Mat Akin hadiri ‘Nusantara Mengaji’ yang digelar serentak secara live streaming oleh 12 kampus negeri se-Indonesia, Sabtu (21/04/2018) malam. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara Dies Natalis UNNES ke-53 bertajuk “Internasionalisasi UNNES merekat NKRI”.

Dalam sambutannya Hasriadi mengungkapkan, Nusantara Mengaji merupakan salah satu kegiatan yang syarat dengan nuansa religius. Ia mengungkapkan, mahasiswa dan dosen harus menunjukkan karakter yang baik sesuai ajaran Al-Quran sebagai dasar pendidikan.

“Nusantara Mengaji ini meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam bingkai ibadah,” tambah Hasriadi.

Di tempat terpisah Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. Muhammad Nasir menyatakan, tugas Perguruan Tinggi adalah menciptakan kader intelektual masa depan. Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia harus senantiasa dijaga dalam berbagai momentum.

Nusantara Mengaji yang diselenggarakan ini menghubungkan beberapa Perguruan Tinggi secara streaming antara lain, UNIMA, UNILA, UNIJOYO, UNMUL, UNS, UNSRI, UNSYIAH, ITS, UNTIRTA, UNY, UNDIP.

Rektor UNNES Fathurrokhman selaku Tuan Rumah Pelaksana Nusantara Mengaji menambahkan, acara tersebut merupakan sebagian usaha dari Kemenristekdikti untuk menjaga keutuhan Negara.

“Malam ini kita bersyukur UNNES ikut berperan penting dalam Kampus Nusantara Mengaji, menjadi bagian orang-orang yang dimuliakan oleh Allah SWT, untuk membaca Al-Quran, memahami, dan menghayati dalam menjalankan kehidupan kita sehari-hari,” ujarnya.

Menurut Fathur, hal itu sesuai dengan misi UNNES untuk mewujudkan universitas yang berwawasan konservasi dan berakreditasi internasional. “Ada tiga pilar konservasi yang diemban, konservasi lingkungan, budaya, dan pendidikan karakter”.[Riky/Inay_Humas]