Pengurus IKA Unila Paparkan Progja ke Rektor

ALUMNI berperan penting pada pengembangan Perguruan Tinggi terutama sumbangan pemikiran, transfer keahlian, pengalaman, serta jejaring kerja lulusan. Untuk mengkoordinasikan hal itu, jajaran pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Lampung (Unila) melaksanakan audiensi ke ruang kerja Rektor Unila, Kamis (29/03/2018).

Kehadiran pengurus IKA Alumni Unila dipimpin Wakil Ketua Harian IKA Unila Abdullah Fadri Auli. Ia menyampaikan beberapa informasi terkait program kerja pengurus masa bakti periode 2016-2021.

Abdullah menyampaikan, saat ini pengurus IKA Unila tengah melakukan penjaringan alumni untuk mengoptimalkan jaringan. Selanjutnya ia juga menjelaskan, telah terbentuk kerja sama antara IKA Unila dan Bank Lampung terkait e-Money guna memudahkan berbagai pembayaran.

Selain itu, menindaklanjuti hibah lahan di Jalan Sisingamangaraja Bandarlampung, IKA Unila tengah mempersiapkan pembangunan sekretariat.

“Dengan sekretariat, ke depan bisa menjadi modal terbentuknya jaringan komunikasi dan penyatuan pemikiran untuk membangun Unila,” tambah Abdullah.

Menanggapi penjelasan tersebut Rektor Universitas Lampung Prof. Hasriadi Mat Akin menyampaikan, dalam komponen IKA Unila terdapat modal berupa jaringan, sumberdaya manusia, dan pengalaman.

Sehingganya pertemuan ini sangat strategis karena Unila membutuhkan peran alumni lebih konkrit dalam mengembangkan institusi terutama membantu akses sumberdaya dan infrastruktur.

“Saat ini Unila giat melakukan pembangunan pusat riset, masjid, dan rumah sakit pendidikan. Alumni diharapkan mampu membantu,” imbaunya.

Hasriadi juga menambahkan, kini Unila juga tengah berupaya mengembangkan orientasi sivitas akademika dari teaching university menuju riset university. Kelak diharapkan mampu menuju ke enterpreneur university.
Untuk mempersiapkan hal itu, ada beberapa program yang diselenggarakan Unila untuk mengubah pola pikir para lulusan bukan PNS oriented.[Riky Fernando/Inay_Humas]