Pelatihan Penulisan Publikasi Ilmiah di Fakultas Pertanian

(Unila): Fakultas Pertanian Universitas Lampung menggelar pelatihan penulisan Publikasi Ilmiah bagi dosen di lingkungan kampus setempat, Senin (07/05/2018).

Rektor Unila Prof. Hasriadi Mat Akin mengatakan, pelatihan menjadi salah satu upaya Unila untuk memberikan peluang bagi para dosen untuk mempersiapkan artikelnya tembus di jurnal internasional.

“Melakukan publikasi ilmiah pada jurnal ilmiah merupakan kewajiban bagi para tenaga pendidik, terlebih lagi saat ini Unila fokus pada Perguruan Tinggi berbasis riset,” ujarnya.

Hasriadi juga menjabarkan, saat ini Unila telah memiliki langganan jurnal internasional cukup banyak, dan ini juga dapat dimanfaat seluas mungkin bagi seluruh sivitas akademika.

Publikasi ilmiah di Unila kian gencar, maka hal lain yang perlu diubah adalah karakter Unila yang sebelumnya masih menggunakan pola teaching university untuk ke depan akan terus diarahkan dan ditransformasi menjadi research university.

“Target riset meningkat, publikasi meningkat, dan hilirisasi juga meningkat. Oleh karena itu, Unila juga berupaya semaksimal meningkatkan pertanian di tanah Lampung, salah satunya ke depan, Unila akan membangun pusat riset di tanah hibah yang berada di Kota Baru,” urai Hasriadi.

Prof. Dr. Ir. Sudarsono, M.Sc., dalam penyampaian materinya juga mengungkapkan, penulisan publikasi ilmiah seyogyanya merupakan satu kesatuan dari suatu hasil penelitian. Ia beranggapan bahwa, seorang peneliti belum dikatakan meneliti apabila ia belum menuangkan hasilnya ke dalam suatu publikasi.

Dalam rangka menyebarkan ilmu pengetahuan, peserta pelatihan diajak untuk memaksimalkan hasil penelitian untuk menuangkannya ke dalam suatu publikasi ilmiah.

“Kita tidak akan pernah dianggap menyelesaikan penelitian ketika kita tidak melakukan publikasi,” ungkap Guru Besar Departemen Agronomi dan Hortikultura IPB ini.[Riky Fernando/Inay_Humas]