Panlok 27 Lampung Gelar Rapat Persiapan SBMPTN 2018

(Unila): Panitia Lokal 27 Lampung mengadakan Rapat Persiapan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2018 di ruang sidang utama lantai 2 Rektorat, Kamis (5/04/2018).

Turut hadir pada rapat persiapan itu Rektor Unila Prof. Dr. Hasriadi Mat Akin, M.P., Rektor Itera Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc. (Eng)., Ph.D., selaku Pimpinan Panlok 27 Lampung, Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Prof. Dr. Bujang Rahman, M.Si., Wakil Rektor Bidang Akademik Itera Prof. Dr. Ing. Mitra Djamal, kepala biro, dan dekan fakultas di lingkungan Unila dan Itera.

Pada rapat persiapan kali ini, Prof. Hasriadi mengatakan, pelaksanaan SBMPTN harus dilakukan dengan komitmen, integritas, dan loyalitas.

Kecurangan, kata dia, sangat mudah terpantau karena saat ini sudah menggunakan sistem pendeteksi kecurangan berbasis ICT. Oleh karena itu diharapkan, tidak ada laporan kecurangan pada pelaksanaan SBMPTN tahun 2018 karena para Rektor akan mengadakan evaluasi di Jakarta.

Hal lain yang perlu diingat, kata Hasriadi, yaitu kedisplinan pengawas dalam membuat berita acara karena hal ini dianggap sangat penting. Pengalaman lalu, sebagian ada yang meremehkan sehingga berita acara tidak terisi dan itu menjadi hal termonitor.

Hasriadi mencontohkan, jika tidak mengisi berita acara akan terlihat panlok dan nomor ruangannya. “Saya berharap tahun ini pelaksanaan SBMPTN dapat dilaksanakan dengan lancar dan dapat menggaet lulusan terbaik,” ujarnya.

Prof. Ofyar saat memberi sambutan mengatakan, kegiatan ini merupakan hal sangat penting untuk menyatukan langkah melaksanakan tugas merekrut atau mencari calon mahasiswa yang berasal dari seluruh Indonesia.

Itera berkomitmen penuh sebagai adik dari Unila, bertekad menjalankan sebaik-baiknya dengan mengirimkan dosen terbaik Itera di bidang IT untuk lanjut studi memperdalam keilmuan.

Menurut Ofyar, banyak hal yang harus disiapkan terutama teknologi. Dalam konteks pelaksanaan SBMPTN di mana 3 atau 5 tahun terakhir hanya menggunakan mesin cetak, sekarang sudah menggunakan komputer dan berbasis android. Dengan demikian, teknologi sudah sangat canggih, dan hal ini juga perlu terus dipantau.

Selaku Ketua Panitia SBMPTN Tahun 2018 Panlok 27 Prof. Bujang Rahman memaparkan, pendaftaran online SBMPTN 2018 akan dimulai hari ini, Kamis, 5 April hingga 27 April 2018.

Bujang menerangkan, tidak jauh berbeda dengan tahun 2017, Panlok 27 Lampung tahun ini akan menyelenggarakan tes pada 8 Mei 2018 dengan model ujian yaitu UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dan UTBC (Ujian Tulis Berbasis Cetak).

Unila Panlok 27 akan menyelenggarakan UTBK untuk 220 peserta. Hasil tes akan diumumkan pada 3 Juli 2018 pukul 17.00 WIB. Materi ujian tertulis meliputi tes kemampuan dan potensi akademik (TKPA), tes kemampuan dasar sains dan teknologi (TKD Saintek), dan tes kemampuan dasar sosial dan humaniora (TKD Soshum).

Persentase daya tampung Unila sebanyak SNMPTN 30%, SBMPTN 45%, dan Seleksi Mandiri 25%. Adapun jumlah pendaftar pada tahun 2017 sebanyak 18.899 peserta dan tahun 2018 diestimasikan pendaftar sebanyak 20.980 peserta.[Dwi Putriana/Inay_Humas]