Mahasiswa Deklarasikan Kampus Unila Antiterorisme

(Unila): Ratusan mahasiswa Universitas Lampung deklarasikan Kampus Unila Antiterorisme di Aula Fakultas Pertanian setempat, Selasa (5/6/2018) pagi.

Pembacaan naskah deklarasi yang dipimpin Presiden Mahasiswa BEM U KBM Unila Muhammad Faudzul Adzim ini bertepatan dengan pelaksanaan Stadium General Unila Kampus Kebhinekaan bertajuk “Semangat Pancasila Antiradikalisme dan Intoleransi”.

Pembacaan naskah deklarasi yang diikuti seluruh mahasiswa hadir saat itu berbunyi 1) Kami berpegang teguh pada landasan bermasyarakat, berbangsa, bernegara Kesatuan Republik Indonesia yaitu Pancasila sebagai ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia, Undang undang dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan semangat bhineka tunggal ika; 2) Kami bertekad mempersiapkan generasi muda yang mengetahui, memahami, dan menjiwai nilai-nilai kebangsaan.

3) Kami menolak organisasi dan aktivitas yang berorientasi atau berafiliasi pada gerakan radikalisme, terorisme, dan segala hal yang bertentangan dengan nilai-nilai kebangsaan; 4) Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan penyebaran paham dan/atau gerakan radikalisme, terorisme, dan atau ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

Pembacaan deklarasi ini disaksikan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo, S.H., Rektor Unila Prof. Hasriadi Mat Akin, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Karomani, Wakil Rektor Bidang PK-TIK Prof. Mahatma Kufepaksi, Plt. Gubernur Provinsi Lampung Didik Supayitno, Plt. Wali Kota Bandarlampung M. Yusuf kohar S.E., M.M., serta Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Lampung Kombes. Pol. Drs. Johni Soeroto.

Pada kesempatan itu Presma Unila berpesan agar para mahasiswa senantiasa menghargai keberagaman dan menjaga persatuan. “Kebhinekaan adalah sebuah keniscayaan. Tugas kita adalah menjaga isinya dan menjaga bungkusnya dengan menjaga persatuan dan keutuhan bangsa,” tegasnya.[Hisna Cahaya/Inay_Humas]