Kenalkan Kampus, Mahasiswa Unila Kunjungi Sekolah

MASA transisi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) menuju bangku perguruan tinggi dibutuhkan informasi pilihan yang cukup untuk para siswa. Untuk itu, sejumlah mahasiswa Universitas Lampung (Unila) Rabu (27/1) berinisiatif mengunjungi sekolah-sekolah mengenalkan kampus Unila.

Para mahasiswa ini antara lain Amirul Mukminin (Kelas Internasional Akuntansi FEB); Nopriyanda Harajab (Kedokteran Umum FK); Dennis Balkhopa (Ilmu Komunikasi FISIP); Dea Ayu (PGSD FKIP); Aninda Hanny (PGSD FKIP); Sri Rahayu (Pendidikan Bahasa dan Sastra FKIP).

Selanjutnya, M. Trias Aditya (Ilmu Hukum FH); Melinda Sopiani (Ilmu Hukum FH); Desri Oktaria (D3 Perpajakan FEB); dan Ilham Suwanderi (Akuntansi FEB).

Kunjungan pertama ke-11 mahasiswa ini ke SMA Al-Azhar 3 Bandarlampung yang disambut langsung oleh Waka Bidang Kesiswaan Tri Nuri Hartini, S.Si, M.Pd. Dalam sambutannya, Tri Nuri mengucapkan terima kasih atas kehadiran mahasiswa Unila ke sekolahnya. “Dengan sosialisasi pengenalan kampus Unila ini kami berharap lebih dari 300 siswa kami dapat menambah pengetahuannya serta sedikit gambaran mengenai nuansa akademis di perguruan tinggi,” ujarnya.

Usai memberikan sambutan, Tri Nuri menerima buku “50 Tahun Unila Membangun Negeri” yang diserahkan langsung oleh perwakilan mahasiswa.

Berikutnya, kegiatan sosialisasi dimulai dengan pemutaran video profil Unila dan dilanjutkan pemaparan materi. Pemaparan dilakukan secara bergantian oleh seluruh mahasiswa. Materi yang disampaikan antara lain seputar persiapan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN); Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN); dan pengalaman mahasiswa saat mengikuti kedua ujian seleksi tersebut.

Amirul misalnya, selain mempromosikan fakultasnya, ia juga menjelaskan AIESEC (Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales) yang merupakan organisasi internasional eksternal di Unila untuk para mahasiswa yang ingin  mengembangkan potensi kepemimpinan mereka.

Menurut Amirul, kegiatan sosialisasi ini harusnya terselenggara setiap tahunnya dan diadakan di sekolah-sekolah. “Teman-teman siswa SMA kelas 12 ini memang sangat butuh informasi mengenai dunia kampus menjelang SNMPTN-SBMPTN. Makanya kami berinisiatif mensosialisasikan itu, khususnya mempromosikan Unila,” jelasnya.

Selain mendapatkan materi, siswa yang bertanya pun mendapatkan kenang-kenangan buku karya dosen-dosen Unila yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unila di bawah pimpinan Dr. Eng. Admi Syarif. [Naufal A. Caya]