HI FISIP Unila Tuan Rumah PSNMHII se-Indonesia

IMG_1118
IMG_1129
IMG_1160
IMG_1166

(Unila): Jurusan Hubungan Internasional FISIP Universitas Lampung menjadi tuan rumah Pertemuan Sela Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (PSNMHII) ke-30. Kegiatan ini membahas tantangan mahasiswa jurusan HI menyikapi era baru digitalisasi arus informasi dan komunikasi global di kehidupan masyarakat.

Agenda yang berlangsung selama lima hari mulai Rabu hingga Minggu (2-6/5/2018) ini diawali dengan ramah tamah para peserta dan tuan rumah, di Gedung Balai Keratun Kantor Pemerintahan Provinsi Lampung. Turut hadir Pjs. Gubernur Lampung yang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Hannibal, M.H., juga Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Bujang Rahman mewakili Rektor Unila, Dekan FISIP Dr. Syarif Makhya, dan ketua jurusan HI Unila.

Pelaksanaan PSNMHII ke-30 bertajuk “Think Globally, Act Locally: The New Challenges of Digitalization Era” ini diikuti 49 universitas dari seluruh Indonesia dengan jumlah peserta yang hadir sebanyak 265 orang. Kegiatan merupakan ajang nasional rutin tahunan yang diadakan Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional Indonesia (FKMHII).

Ketua Panitia Pelaksana PSNMHII Saka Fatihan Djayataruna mengatakan, di samping mengembangkan sikap keilmuan dan pemahaman terhadap studi HI sekaligus dinamikanya, tujuan kegiatan ialah untuk memfasilitasi transfer pengetahuan antara peserta kegiatan dan sivitas akademika Unila. Selain itu, memberi pemikiran baru bagi mahasiswa studi HI terhadap persoalan yang timbul akibat fenomena globalisasi dan digitalisasi.

Prof. Dr. Bujang Rahman, M.Si., saat memberi sambutan menyampaikan kepada seluruh peserta agar menyadari peluang dan tantangan pada era globalisasi. “Di satu sisi kita tidak boleh menghilangkan jati diri sebagai bangsa Indonesia namun di sisi lain tetap siap menghadapi era globalisasi karena ini merupakan kekuatan kita untuk menjadi negara yang kuat.”

Di kesempatan yang sama Hannibal, M.H., mengapresiasi dan menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini. Pertemuan PSNMHII diharapkan mampu memotivasi penstudi mahasiswa HI untuk berpikir kreatif dan mengglobal sehingga tujuan keilmuan dapat optimal. “Terlebih saat meghadapi era globalisasi yang ditandai dengan persaingan ketat dan arus informasi yang pesat serta cenderung simetris dalam semua sektor.”[Mamanda/Inay_Humas]