This page was exported from Universitas Lampung [ http://www.unila.ac.id ]
Export date: Wed Nov 22 5:27:41 2017 / +0000 GMT

Bupati Lamsel Apresiasi Kegiatan KKN Unila



(Unila): Bupati Lampung Selatan diwakili Camat Ketapang Darsito dan Sekretaris Daerah Ir. Freddy. S.E., M.M., mengapresiasi kegiatan-kegiatan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Lampung (KKN Unila) di wilayahnya. Kegiatan KKN dinilai sangat membantu pemerintah dalam mengatasi berbagai hal.

“Saya merasa bangga dua kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan bisa dipilih dan digunakan sebagai lokasi KKN oleh mahasiswa Universitas Lampung. Beberapa permasalahan di wilayah kami bisa terpecahkan dengan kegiatan ini,” ujar Darsito, Selasa (29/8/2017).

Dia berharap, di periode berikutnya kegiatan yang sudah dirintis dan dijalankan oleh mahasiswa KKN dapat diteruskan dan dimantapkan.

Seperti hal nya pelatihan peningkatan kualitas pelayanan perkantoran kepada masyarakat, pelatihan administrasi, pelatihan kepada ibu-ibu PKK dalam hal peningkatan nilai produk pangan olahan berbahan baku lokal, penyuluhan antinarkoba, dan lainnya.

Pada kesempatan yang sama Sri Waluyo, Ph.D., selaku Ketua Badan Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (BP-KKN) Unila mengatakan, mahasiswa memiliki peran strategis dalam menyosialisasikan lima pilar Gerakan Nasional Revolusi Mental kepada masyarakat. Payung program kegiatan KKN mahasiswa adalah bagaimana mengajak masyarakat dan pamong desa untuk mewujudkan Indonesia Melayani, Tertib, Bersih, Mandiri dan Bersatu.

Serangkaian program kegiatan KKN yang mendukung gerakan revolusi mental telah dijalankan mahasiswa. Beberapa di antaranya adalah mahasiswa berhasil mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kulit jagung (klobot) untuk dibuat menjadi bunga dan bros.

Kegiatan ini merupakan upaya untuk menumbuhkan ekonomi kreatif masyarakat berbahan baku lokal agar terdapat nilai tambah. Mahasiswa KKN Unila juga mendirikan rumah baca untuk menjawab keinginan masyarakat akan ilmu pengetahuan yang semakin luas sebagaimana dilakukan di Desa Kuripan, Kecamatan Penengahan.

Bekerjasama dengan BPKP Provinsi Lampung, mahasiswa KKN Unila juga melakukan pendampingan kepada aparatur pemerintah desa dalam hal penggunaan aplikasi Sistem Keuangan Desa (SimKeuDes). Kemudian mahasiswa Unila juga membantu memerkuat kelembagaan desa untuk mengaktifkan kembali pengelolaan lamban Raden Inten.

Dengan berbagai program nyata tersebut sangat jelas bahwa peran mahasiswa KKN sangat efektif untuk membantu mengatasi persoalan-persoalan kemasyarakatan dan kebangsaan sekaligus sebagai media pembelajaran dan pengayaan pengalaman bagi mahasiswa yang akan sangat berguna bagi masa depannya.[rilisKKN_Inay/Humas]

 

 


Post date: 2017-08-29 15:00:09
Post date GMT: 2017-08-29 08:00:09
Post modified date: 2017-08-30 09:38:41
Post modified date GMT: 2017-08-30 02:38:41

Powered by [ Universal Post Manager ] plugin. MS Word saving format developed by gVectors Team www.gVectors.com