BPHM Lakukan Monev Persiapan Audit ISO 9001:2015

(Unila): Setiap memasuki akhir tahun, Universitas Lampung (Unila) akan menjalani Audit ISO versi 9001: 2015 oleh auditor eksternal (surveillance). ISO versi 9001:2015 merupakan versi terbaru penyempurnaan dari versi 9001:2008 yang selama ini telah berjalan di seluruh unit kerja di lingkungan Unila.

Sebagai upaya pemantapan persiapan audit ISO 9001:2015 tersebut, Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM) Universitas Lampung menyelenggarakan rapat monitoring dan evaluasi (monev) yang dihadiri seluruh staf, kasubbag, kabag, dan kepala biro di ruang kerja kepala BPHM, Selasa (17/4/2018).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memastikan seluruh proses pelayanan berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam ISO 9001:2015.

Kepala BPHM Harsono Sucipto, S.H., M.H., dalam sambutannya menyampaikan, monitoring dan evaluasi merupakan media bersama untuk menguatkan kembali koordinasi dan kerja sama antarsubunit kerja sekaligus menjaga serta meningkatkan kualitas pelayanan.

Beberapa poin penting yang menjadi perhatian utama pada agenda rapat tersebut di antaranya, kendala dan ketidaksesuaian yang ditemukan dalam audit internal, hasil survei kepuasan pelanggan, kelengkapan dokumen laporan, dan pembuatan SOP kegiatan sesuai dengan perubahan RKAKL 2018.

Sucipto menambahkan, BPHM dalam waktu dekat akan melaksanakan audit mutu internal per subbagian. “Beberapa poin yang akan dibahas di dalamnya adalah perbaikan hasil audit eksternal tahun lalu, dan rancangan desain pengadaan ruang pelayanan juga ruang tunggu bagi tamu atau pelanggan,” katanya.

Selanjutnya Kepala Bagian Informasi dan Humas Sopiana, S.Sos., M.Si., selaku WMM ISO 9001:2015 menambahkan, pelaksanaan revisi rekaman mutu dan Standar Operasional Prosedur(SOP) dapat segera dilaksanakan. Sedangkan untuk survei kepuasan masyarakat, analisis risiko dan audit mutu internal per subbagian masih perlu ditelaah ulang sebagai penyegaran sebelum pelaksanaan audit mutu eksternal.

Dalam akhir rapat tersebut Kepala BPHM menyampaikan juga bahwa setiap individu baik staf, kasubbag, dan kabag memiliki andil sama dalam kelancaran pelaksanaan ISO sesuai dengan tugas masing-masing.

Seluruh peserta yang hadir pada agenda rapat ini bersama berdiskusi menentukan berbagai rencana perbaikan yang akan segera ditindaklanjuti untuk menjamin mutu pelayanan Unila, khususnya BPHM. Diharapkan melalui monev yang telah dilakukan, BPHM Unila dapat menghadapi audit ISO 9001:2015 dengan lancar tanpa hambatan berarti.[Mala/Inay_Humas]