Birohmah Unila Silaturahmi ke BPHM

(Unila): Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat Universitas Lampung (BPHM Unila) Harsono Sucipto, S.H., M.H., menerima kunjungan Unit Kegiatan Mahasiswa Bina Rohani Islam Mahasiswa (Birohmah) Unila, di ruang kerja kepala BPHM, Rabu (25/04/2018).

Pada agenda tersebut Kepala Departemen Kemediaan Birohmah Ahmad Taqiudin menjelaskan, kunjungan ini dalam rangka menjalin hubungan erat dengan pihak rektorat, terutama yang berkaitan dengan pelayanan informasi kepada calon mahasiswa dan mahasiswa baru.

Ahmad berharap, dengan mengetahui informasi langsung dari Humas Unila, pihaknya tidak keliru untuk menyebarkan informasi.

Ia juga menjelaskan, dalam waktu dekat Birohmah Unila akan menggelar kegiatan Unila Mengaji. Namun, kegiatan ini masih tertunda karena waktu dan lokasi yang akan digunakan belum mendapatkan persetujuan.

Hal lain yang juga dilakukan Birohmah melalui Departemen Kehumasan adalah Birohmah Tebar Salam. Kegiatan ini merupakan pemberian makanan ringan kepada khalayak, diiringi dengan penebaran syiar islam seperti memberikan kutipan-kutipan hadist yang disematkan pada makanan yang dibagikan. “Biasanya di hari Jumat, Sabtu atau Minggu di fakultas-fakultas yang sedang ramai kegiatan,” kata Ahmad.

Menanggapi hal tersebut Kepala BPHM Harsono Sucipto mendukung kegiatan pelayanan yang dilakukan Birohmah. Namun, ia berharap pelayanan yang diberikan oleh Birohmah terhadap calon mahasiswa dan mahasiswa baru sesuai dengan tugas dan fungsi yang tertera pada UKM masing-masing. “Jangan sampai nanti melewati tugas fungsi yang dimiliki,” katanya.

Kabag Informasi dan Humas Unila Sopiana, S.Sos., M.Si., menambahkan, pihaknya siap menjembatani kerja sama antara Birohmah dengan berbagai pihak di internal Unila maupun eksternal. Selain itu, humas juga berkomitmen mendukung prestasi mahasiswa melalui media publikasi.

Seluruh prestasi yang ditorehkan melalui kegiatan kemahasiswaan akan diberitakan melalui berbagai media yang dimiliki Unila seperti videotron, Unila View, maupun media online yang dimiliki Unila. Bahkan jika dibutuhkan, Humas siap memfasilitasi publikasi melalui media cetak dan elektronik.

Sopiana juga mengaku tertarik dengan adanya kegiatan Birohmah Tebar Salam. Menurutnya saat ini budaya tebar salam mulai terkikis. Ke depan, pihak Humas Unila siap memberikan informasi terkait senam bersama yang biasa dilakukan pada jumat pagi di lingkungan Unila. Dengan demikian, kegiatan Birohmah Tebar Salam dapat dilaksanakan pada saat yang sama.

Kepala Subbagian Humas M. Badrul Huda, S.I.Kom, pada kesempatan yang sama pun berharap agar Birohmah memperbanyak kegiatan yang berupa kajian keislaman dengan tema-tema yang fokus dan sederhana. Misalnya pembahasan hadist-hadist yang berkaitan dengan keseharian mahasiswa. Sehingga lebih mengena dan diminati mahasiswa untuk mengikuti kajiannya.[Hisna Cahaya/Inay_Humas]