Unila Raih Akreditasi A

Universitas Lampung (Unila) berhasil meraih Akreditasi “A” oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hasil Akreditasi Institusi dapat dilihat langsung pada laman http://ban-pt.kemdikbud.go.id/diraipt.php dengan memasukkan kata kunci “Universitas Lampung”.

Dikutip dari laman lampost.co, “Alhamdulillah Unila akhirnya dapat akreditasi A oleh BAN-PT dalam hal ini oleh AIPT dan memang kami hanya butuh empat poin untuk mencapai akreditasi,” ujar Rektor Unila Prof. Hasriadi Mat Akin kepada Lampost.co, Kamis (29/12/2016).

Unila menyandang akreditasi A dengan No. SK 2992/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 tanggal 20-12-2016. Posisi Unila dalam pendidikan tinggi internasional pun semakin terkukuhkan dengan peraihan sertifikasi internasional sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2015 seluruh unit kerja di lingkungan Unila.  Unila memiliki delapan fakultas yang menyelenggarakan berbagai program studi dari beragam disiplin ilmu.  Dengan sumbangsih hasil kepakaran dan layanan akademik terbaik, Unila terus meningkatkan mutunya melalui kerja sama mutualisme dengan semua pihak, yaitu pemerintah, swasta, individu, dan organisasi di dalam maupun luar negeri.

Unila telah berhasil menempatkan dirinya menjadi salah satu unversitas terbaik di antara yang terbaik, bukan hanya di tingkat nasional tetapi juga regional dan internasional. Setidaknya ada 2 penghargaan tingkat internasional diperoleh Unila tahun ini yang semakin mengukuhkan Unila sebagai universitas yang pantas diperhitungkan di kawah candradimuka pendidikan tinggi. Dimulai dari perolehan peringkat 16 besar universitas terbaik di Indonesia oleh 4ICU (4 International College and University) dari penilaian atas 11.000 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara. 4ICU juga menasbihkan Unila sebagai dua besar perguruan tinggi terbaik se-Sumatera, di atas USU (Universitas Sumatera Utara).

Penghargaan bergengsi di tingkat internasional juga diraih Unila dalam pemeringkatan Webometrics. Laboratorium Cybermetric milik The Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC) yang bermarkas di Spanyol pada Juli 2016 kembali merilis peringkat Unila  yang berada di posisi 13 dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Peringkat ini naik sebanyak 14 tingkat dari posisi 27 pada awal tahun 2016 dan naik 27 tingkat dari posisi 39 pada Juli 2015.

Pada level nasional, Unila memperoleh prestasi membanggakan dalam program greenmetric yakni berada pada 13 besar dari perguruan tinggi di Indonesia. Program yang bertujuan untuk mengukur tingkat keramahtamahan lingkungan Unila di dunia terhadap lingkungan di sekitarnya maupun dunia pada umumnya membuktikan Unila tidak hanya sebagai lembaga pendidikan tetapi ikut meningkatkan keramahtamahan lingkungan, memiliki potensi sebagai motor penggerak green campus bagi institusi dan lingkungan sekitarnya.

Inilah keberhasilan tentang kegiatan, prestasi, kemajuan, dan perkembangan Unila selama kurun waktu periode Oktober 2015 sampai dengan Desember 2016, untuk pencapaian misi pembangunan Unila yaitu penguatan pelayanan dan pelaksanaan tridarma serta layanan pendukung tridarma guna meningkatkan nilai Unila dan mampu bersaing serta mendapatkan pengakuan secara nasional dan regional.[Yodhi/Harno/Inay]