Unila Buka Pendaftaran 5.285 Calon Mahasiswa Baru

(Unila): Universitas Lampung (Unila) tahun ini akan menerima sebanyak 5.285 mahasiswa baru. Perincian kuota yakni 2.013 kursi untuk jalur SNMPTN, 1.766 kursi untuk SBMPTN, dan jalur mandiri sebanyak 1.506 kursi.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Lampung Prof. Bujang Rahman dalam konferensi pers di hadapan awak media hari ini (20/1), mengatakan, pemerintah memberikan peluang bagi perguruan tinggi negeri untuk menyelenggarakan penerimaan mahasiswa melalui jalur mandiri sehingga terdapat tiga nomenklatur.

Pemerintah dalam hal ini panitia seleksi mahasiswa baru PTN menetapkan persentase penerimaan jalur SNMPTN sebanyak 40 persen yang dulunya 50 persen. SBMPTN sebesar 30 persen, dan jalur mandiri sebanyak 30 persen. “Itu komposisinya. Sehingga telah kita rapatkan dengan semua fakultas. Diperkirakan tahun ini Unila melalui tiga jalur tersebut akan menerima 5.285 orang,” katanya.

Didampingi Humas PTN Muhamad Komarudin, mantan Dekan FKIP Unila itu menyebutkan, kuota total yang diperkirakan tersebut tersebar di 47 program studi S-1. Namun jumlah total itu tidak mutlak tergantung dari jumlah pendaftar dan proses registrasi. Sebab, lanjutnya, ada calon mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus tapi tidak mendaftar ulang.

Adapun pada SNMPTN tahun ini prosesnya dimulai sejak Januari hingga Mei 2016. Diawali dengan penelusuran portofolio siswa dan sekolah melalui pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) pada 18 Januari–20 Februari 2016.

Kemudian tes SNMPTN yang pendaftarannya dimulai dari 29 Februari–29 maret 2016. Lalu masa pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN pada 22 Maret hingga 24 April. Baru nanti proses seleksi yang diadakan pada 24 Maret – 8 Mei

Selanjutnya hasil seleksi itu akan diumumkan pada 10 Mei 2016. “Setelah itu kita akan melakukan pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi bersamaan dengan ujian tulis SBMPTN pada 31 Mei mendatang.[inay]